Polisi Tak Lagi Lakukan Penyekatan Arus Mudik ke Jateng

Minggu, 16 Mei 2021 - 15:18 WIB
loading...
Polisi Tak Lagi Lakukan Penyekatan Arus Mudik ke Jateng
Polisi kini fokus pada pemeriksaan kendaraan arus balik pemudik yang baru saja merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halaman. iNews TV/Taufik
A A A
SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan kini tak lagi melakukan penyekatan arus mudik . Polisi kini fokus pada pemeriksaan kendaraan arus balik pemudik yang baru saja merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halaman.

"Hari ini, kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik ," ucap Luhtfi, saat pengecekan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/2021).

Pemeriksaan yang dilakukan berkerjasama dengan Satgas COVID-19 Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kota Semarang. Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung.

"Dengan catatan, apabila masyarakat kita tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen surat swab, SIKM, KTP, di Pos Kalikangkung, maka akan kita lakukan tes swab antigen di Pos Kalikangkung ini," terang orang nomor satu di Mapolda Jateng ini.

Jika dalam tes swab terbukti reaktif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan dan mobil akan ditempel stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

"Kita sudah lakukan ini, terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kita lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan ini," ungkapnya. Baca: Pencarian 2 Korban Tenggelam Terkendala Air Waduk Kedung Ombo yang Keruh.

Kapolda juga menambahkan, Pos Terpadu Kalikangkung, juga menyiapkan swab antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan arus balik, akan diberi tanda stiker biru sebagai bukti pemeriksaan dinyatakan lengkap. "Selain itu, ada 18 rest area yang sudah kita siapkan PPKM Mikro. Kita juga siapkan tes swab antigen serta memberikan imbauan kepada mereka," tandasnya. Baca Juga: Pemuda Papua Dukung Penegakan Hukum terhadap Victor Yeimo, Aktor Kerusuhan 2019.

Dalam kunjungan itu, jenderal bintang dua itu didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit. Tampak pula Karo Ops, Karo Log, Dirlantas dan Kabid Humas Polda Jateng.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)