alexametrics

Viral, Aksi Perwira Polisi Gali Kubur untuk Jenazah COVID-19

loading...
Viral, Aksi Perwira Polisi Gali Kubur untuk Jenazah COVID-19
Tangkapan layar dari video perwira polisi gali kubur yang viral. Foto SINDOnews
A+ A-
PALEMBANG - Aksi heroik anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) muncul di tengah pandemi COVID-19 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Seorang perwira polisi berpangkat AKBP memegang sekop dan menggali kubur.

Aksi perwira polisi itu diketahui dari video viral di media sosial terutama Instagram yang disebutkan untuk pemakaman pasien diduga COVID-19. Perwira tersebut adalah AKPB Sonny Triyanto. Jabatannya Kasat Sabhara Polrestabes Palembang.

Dilihat pada Instagram @beritaonlineplg, Jumat (22/5/2020), terlihat video seorang polisi menggali kubur dengan caption "Patut diacungi jemp polri luar biasa, video viral seorang perwira polrestabes gali kuburan hingga bantu pemakaman diduga covid-19. Di pemakaman gandus Palembang".



Video telah ditonton lebih dari 4.300 kali dengan beragam komentar pujian atau positif untuk Polri. Dalam video yang berdurasi sekitar 40 detik itu, awalnya terlihat polisi berseragam menggunakan masker menggali kubur. (Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Sumsel Bertambah Menjadi 646 Kasus)

Tak lama kemudian terlihat proses pemakaman jenazah sesuai protokol kesehatan yakni menggunakan APD lengkap. Setelah itu terlihat petugas melepas APD dan salah satunya AKPB Sonny Triyanto.

Dikonfirmasi, AKPN Sonny membenarkan bahwa video viral tersebut adalah dirinya bersama anggota. Awalnya, dia menjelaskan, dirinya bersama anggota melakukan pengawalan. Namun karena petugas penggali kubur harus memakamkam dua orang sekaligus, maka dia pun ikut beraksi.

"Saat itu cuaca kurang bersahabat, petugas harus gali dua makam sekaligus. Padahal langit gelap, karenanya kita bantu," ujarnya, Jumat (22/05/2020). (Baca juga:Muratara Lonjak Dratis, Terkonfirmasi 17 Orang Positif COVID-19)

Untuk APD yang digunakan, sambungnya, memang sudah tersedia di dalam mobil patroli dan dia langsung membantu petugas gali kubur yang berjumlah empat orang. "Ada empat orang harus gali dua makam sekaligus. Sementara cuaca gelap, jadi spontan saja," katanya.

Penggalian makam sendiri, dilakukan di tempat pemakaman khusus pasien PDP dan positif Covid-19 di Kecamatan Gandus, Palembang. AKBP Sonny juga tidak mengetahui aksinya ada yang merekam dan viral.

Setelah viral, video perwira polisi gali kubur terus direposting sejumlah akun medsos dengan followers tinggi. Beragam komentar mengapresiasi Polri. Hanya sebagian kecil yang menganggap ini setingan, selebihnya pujian. "Bravo pak polisi," tulis salah satu netizen.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak