Rayakan Lebaran di Rumah Dinas, Ridwan Kamil: Semoga Semua Lulus Ujian Kesabaran

Kamis, 13 Mei 2021 - 14:44 WIB
loading...
Rayakan Lebaran di Rumah Dinas, Ridwan Kamil: Semoga Semua Lulus Ujian Kesabaran
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyampaikan tausyiah dalam salat Idul Fitri di Masjid Kompleks Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Kamis (13/5/2021). Foto/Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Kamis (13/5/2021). Pada pagi harinya, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu melaksanakan salat Idul Fitri di masjid yang terletak di Kompleks Gedung Negara Pakuan.

Pelaksanaan salat Idul Fitri menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain seluruh jemaah menjaga jarak dan memakai masker, salat Idul Fitri hanya diikuti oleh keluarga dan pegawai Gedung Pakuan.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil menuturkan, perayaan Idul Fitri tahun ini memang masih berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Merayakan hari kemenangan di rumah masing-masing menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan dan membatasi ruang gerak COVID-19 . "Ini tahun kedua kita menjalani Idulfitri dalam suasana pandemi. Saya hanya mendoakan semoga semua lulus ujian di bulan Ramadhan, yang lebih utama adalah ujian kesabaran," ucap Kang Emil.

Kang Emil pun mengatakan, umat Islam mesti beradaptasi dan menunda tradisi-tradisi di hari kemenangan. Terpenting saat ini, kata Kang Emil, warga Jabar harus mengutamakan kesehatan keluarga, baik di rumah dan kampung halaman.

"Kesabaran adalah hal penting dalam menghadapi kesusahan di masa pandemi, yaitu kesabaran menghadapi larangan pembatasan mudik, juga pelaksanaan Idul Fitri yang mungkin tidak nyaman, tapi itulah esensi ujian dan esensi latihan kesabaran," ungkapnya.

Kang Emil juga mengimbau masyarakat Jabar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat bersilahturahmi Lebaran. Tradisi bersalaman-salaman dan saling mengunjungi keluarga pada Idul Fitri dapat diganti dengan silahturahmi secara daring, baik melalui video call maupun pesan singkat.

Jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, Kang Emil optimistis, lonjakan kasus COVID-19 saat Lebaran dapat dicegah. Dia berharap dengan ikhtiar bersama-sama dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, pandemi akan segera berlalu.

"Pada dasarnya, karena suasana pandemi, jadi silaturahmi silakan, tapi tetap dengan protokol kesehatan. Kalau ada kerumunan tolong dihindari karena selama lebaran kerumunan terjadi di tempat keramaian wisata dan lain-lain.Insya Allah doakan lancar pengendalian COVID-19, lancar vaksinasi, sehingga 2022 saya berdoa betul agar mudik bisa normal kembali, salat Idulfiftri bisa normal kembali, dan tetap produktif kembali bekerja seperti sediakala setelah lebaran selesai," lanjutnya.

Tak lupa, Kang Emil menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah kepada masyarakat Jabar. Menurutnya, manusia adalah gudangnya kesalahan dalam berbuat ataupun bertindak.

"Dalam kesempatan ini, saya beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemda Provinsi mengucapkan selamat Idulfitri 1442 Hijriah untuk masyarakat Jabar dan masyarakat Indonesia, tentulah dalam satu tahun kami ada kekhilafan kata, perbuatan, keputusan atau apapun. Kami adalah manusia yang gudangnya hilap. Mohon dibukakan pintu maaf lahir batin dan tetap semangat kita bersilaturahim walaupun dalam bentuk digital, komunikasi yang tidak tatap muka," pungkas Kang Emil.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)