Wow Keren, Biola Bambu Kreasi Mbah Min Kudus Ternyata Laris di Mancanegara

Rabu, 12 Mei 2021 - 18:56 WIB
loading...
Wow Keren, Biola Bambu Kreasi Mbah Min Kudus Ternyata Laris di Mancanegara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencoba biola bambu karya Mbah Min di Japan Wetan, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (12/5/2021). Foto/iNews TV/Taufik Budi
A A A
KUDUS - Ngatmin atau akrab disapa Mbah Min, warga Kudus, Jawa Tengah mampu membuat biola berbahan baku bambu selama belasan tahun. Bahan baku unik yang dipilih Mbah Min ternyata mampu membuat biola karyanya dikenal banyak orang bahkan sampai mendapatkan pesanan dari luar negeri.

Baca juga: Intip Pesona Iskandar Widjaja, Pemain Biola yang Terpergok Jalan bareng Luna Maya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menyempatkan diri berkunjung ke rumah Mbah Min di Japan Wetan, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (12/5/2021). Di rumah yang berada di lereng Gunung Muria itu, Mbah Min memproduksi biola dari bahan bambu dan kayu.

Baca juga: Sunan Kudus: Sang Eksekutor Syekh Siti Jenar dan Kebo Kenanga

Sayang, saat Ganjar berkunjung, Mbah Min sedang pergi mengantar pesanan biola. Di rumah itu Ganjar bertemu dengan istri Mbah Min yaitu Sri Sudarwati.

Sudarwati menceritakan, Mbah Min mulai membuat biola dari bahan baku bambu sejak 2009. Sebelumnya Mbah Min hanya perajin ukir kayu yang bekerja di Jepara. Namun begitu bertemu dengan seorang teman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Mbah Min mulai membuat biola dari bambu.

"Dulu kerja ukir kayu di Jepara. Teman dari IPB itu mau mengembangkan alat musik biola, lalu suami saya didukung untuk membuat biola bambu," ujarnya kepada Ganjar.

Berawal dari hal itu, lanjut Sudarwati, biola bambu karya Mbah Min mulai dikirim ke berbagai tempat. Mulai pesanan dari IPB sendiri sampai ada pesanan dari Hongkong dan Malaysia. Selama ini Mbah Min hanya melayani pesanan yang masuk. Biasanya dipesan melalui daring.

"Yang rutin itu pesanan dari IPB dulu. Ini baru merintis untuk produksi massal. Kesulitannya selama ini memang penjualan," katanya.

Terkait proses pembuatan, satu biola bisa dikerjakan dalam waktu tercepat selama satu hari. Proses yang lama adalah saat mengeringkan bambu karena bisa mencapai enam bulan untuk mendapatkan bahan bambu terbaik. Semua prosesnya dikerjakan secara manual.

"Semua manual. Selain dari bambu juga buat yang dari kayu, ada juga biola elektrik. Semua bahan diambil di pasar lokal," ujarnya.

Ganjar yang berkunjung ke rumah Mbah Min sempat melihat beberapa koleksi biola bambu dan kayu. Menurutnya, biola bambu karya Mbah Min merupakan karya keren bahkan menjadi satu-satunya dari Kudus. Bagi yang ingin memiliki karya biola bambu itu bisa langsung menghubungi Mbah Min atau datang langsung ke rumah sekaligus tempat produksinya.

"(Biola) ini dari bambu. Saya kira ini pertama yang ada dan istimewanya ini dari Kudus. Biola dari bambu ini keren. Lalu ada juga yang dari kayu. Ternyata keterampilan awal Pak Ngatmin (Mbah Min) itu ukir kayu. Dari keterampilan itu dan dibantu dari IPB maka jadilah alat musik dari bambu ini," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)