AKBP Sonny Rela Ikut Gali Kubur Pasien COVID-19

Jum'at, 22 Mei 2020 - 21:00 WIB
loading...
AKBP Sonny Rela Ikut Gali Kubur Pasien COVID-19
AKBP Sonny Triyanto, Kasat Sabhara Polrestabes Palembang dibantu satu anggota Polri lainnya ikut menggali kubur pasien positif COVID-19. FOTO/IST
A A A
PALEMBANG - Aksi heroik anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) muncul di tengah pandemi COVID-19 di Palembang, Sumsel. Seorang perwira polisi berpangkat AKBP rela memegang sekop dan cangkul untuk ikut menggali kubur pasien positif COVID-19.

Aksi perwira polisi itu diketahui dari video di media sosial, Instagram yang sempat viral tersebut. Perwira tersebut adalah AKPB Sonny Triyanto. Jabatannya adalah Kasat Sabhara Polrestabes Palembang .

Dilihat pada Instagram @beritaonlineplg, Jumat (22/5/2020), terlihat video seorang polisi menggali kubur dengan caption "Patut diacungi jemp polri luar biasa, video viral seorang perwira polrestabes gali kuburan hingga bantu pemakaman diduga covid-19. Di pemakaman gandus Palembang". (Baca juga: Dua Hari Jelang Lebaran, Pemudik Mulai Padati Jalur Pantura)

Video itu telah ditonton lebih dari 4.300 kali dengan beragam komentar pujian atau positif untuk Polri. Dalam video yang berdurasi sekitar 40 detik itu, awalnya terlihat polisi berseragam menggunakan masker ikut menggali kubur.

Tak lama kemudian terlihat proses pemakaman jenazah sesuai protokol kesehatan yakni menggunakan APD lengkap. Setelah itu terlihat petugas melepas APD dan terlihat salah satunya AKPB Sonny Triyanto.

Dikonfirmasi, AKBP Sonny membenarkan bahwa dalam video viral tersebut adalah dirinya bersama anggota. Menurutnya, awalnya dirinya bersama anggota melakukan pengawalan saja. Namun, saat melihat petugas penggali kubur yang harus memakamkam dua orang sekaligus, maka dirinya berinisiatif membantu. "Saat itu cuaca kurang bersahabat, petugas harus gali dua makam sekaligus. Padahal langit gelap, karenanya kita bantu," ujarnya, Jumat (22/5/2020).

Untuk APD yang digunakan, sambungnya, memang sudah tersedia di dalam mobil patroli dan langsung dikenakan untuk membantu petugas gali kubur yang berjumlah empat orang. "Ada empat orang harus gali dua makam sekaligus. Sementara cuaca gelap, jadi spontan saja," katanya.

Lokasi penggalian makam adalah tempat pemakaman khusus pasien PDP dan positif COVID-19 di Kecamatan Gandus, Palembang. AKBP Sonny juga tidak mengetahui aksinya ada yang merekam dan viral.

Setelah viral, video perwira polisi gali kubur terus direposting sejumlah akun medsos dengan followers tinggi. Beragam komentar mengapresiasi Polri. Hanya sebagian kecil yang menganggap ini settingan, selebihnya pujian. "Bravo pak polisi," tulis salah satu netizen.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)