Masuk Wilayah Magelang, Ratusan Kendaraa Pemudik Diputar Balik

Senin, 10 Mei 2021 - 10:43 WIB
loading...
Masuk Wilayah Magelang, Ratusan Kendaraa Pemudik Diputar Balik
Polres Magelang dan instansi terkait terus melakukan penyekatan arus mudik di Pos PAM perbatasan Magelang dan Sleman. SINDOnews/Angga
A A A
MAGELANG - Polres Magelang dan instansi terkait terus melakukan penyekatan arus mudik di Pos PAM perbatasan Magelang dan Sleman, tepatnya di Pos Penyekatan Tugu Ireng Salam.

Dalam Operasi Ketupat Candi 2021, kegiatan penyekatan tersebut, petugas telah memeriksa ribuan kendaraan bermotor. Ratusan di antaranya diminta putar balik kembali ke arah sebelumnya. Selain itu, petugas juga melakukan tes swab terhadap ratusan orang pengendara dan penumpang kendaraan bermotor yang terjaring penyekatan.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba melalui Kasubbaghumas Iptu Abdul Muthohir menjelaskan, sasaran penyekatan adalah kendaraan dengan nomor polisi di luar wilayah karesidenan Kedu dan Yogyakarta. Jika kepentingannya murni mudik dan tidak membawa surat perjalanan yang telah ditentukan maka dengan tegas akan diputar balik.

"Total kendaraan yang diperiksa selama tiga hari lalu ada sejumlah 2.241 kendaraan baik roda dua dan roda empat maupun lebih. Dan yang kami minta untuk putar balik ada 137 kendaraan serta telah melakukan swab antigen kepada 130 orang dan kesemuanya dinyatakan negatif COVID-19 oleh Nakes," terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Senin (10/5/2021). Baca: Bandel Ikut-ikutan Jualan Narkoba, 11 Petugas Lapas dan Rutan di Sumut Dipecat.

Disebutkan, pengawasan tidak hanya dilakukan di jalur utama, tetapi juga jalan tikus atau jalan kecil di pedesaan. Jalur ini akan diawasi oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa yang ada di setiap desa. Jika ada pemudik yang lolos akan diisolasi mandiri dan diuji swab Imbuhnya.

"Kendaraan yang kami putarbalikan yaitu yang tidak membawa surat keterangan dari desa maupun hasil swab antigen. Penyekatan ini terus dilakukan selama 24 jam sampai 17 Mei 2021 mendatang," pungkasnya. Baca Juga: Pemudik Asal Tegal Ini Mengaku Lolos dari Penyekatan Setelah 3 Kali Diputar Balik.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)