Pemkab Pangandaran Akan Tanggung Bunga Pinjaman Perbankan bagi Peternak Ayam

Minggu, 19 April 2020 - 18:35 WIB
loading...
Pemkab Pangandaran Akan Tanggung Bunga Pinjaman Perbankan bagi Peternak Ayam
Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PARIGI -
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bakal menanggung bunga pinjaman perbankan para pelaku usaha peternak ayam yang terdampak Covid-19.

Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, dirinya merasa prihatin terhadap kondisi yang dialami pelaku usaha ternak ayam yang saat ini mengalami penurunan omset.

"Mereka peternak ayam kondisinya sekarang terpuruk karena setelah ada pembatasan wilayah dampak dari ancaman penyebaran Covid-19 kebutuhan pakan sangat tinggi dan harganya terancam naik," kata Jeje.

Menghadapi kemungkinan keterpurukan pendapatan dari penjualan ayam, mereka para peternak ayam di Kabupaten Pangandaran harus berspekulasi menjual ayam secara terburu-buru untuk meminimalisir kerugian.

"Saya kaget saat mendengar keluhan mereka para pelaku usaha peternakan ayam, dia rela menjual ayam dengan harga murah hingga Rp10 ribu per kilogram," tambahnya.

Dijelaskan Jeje, kondisi tersebut mengetuk dirinya untuk menyelamatkan kondisi perekonomian masyarakat dengan cara meringankan beban biaya produksi. "Pemkab Pangandaran akan melakukan terobosan baru, salah satu diantaranya meringankan beban cicilan hutang peternak ayam ke perbankan dengan cara menghapus bunganya," papar Jeje.

Jadi, kata Jeje, peternak ayam yang sudah meminjam permodalan ke perbankan hanya membayar tunggakan popoknya saja dan bunganya bakal ditanggung oleh anggaran APBD.
"Dalam waktu dekat Pemkab Pangandaran akan menyusun formulasi dan regulasi hingga teknis agar perekonomian masyarakat kembali bergeliat," terangnya.

Demi kesetabilan perekonomian di masyarakat yang akan menjadi garansi ke perbankan tegas Jeje adalah Pemerintah Kabupaten Pangandaran. "Jangan sampai kita terpuruk, maka dengan itu berupaya semaksimal mungkin supaya tidak terjadi inplasi di masyarakat," pungkas Jeje.
(ar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4068 seconds (0.1#10.140)