Viral! Guru di Pangandaran Mengaku Kena Pungli dan Intimidasi hingga Mengundurkan Diri

Rabu, 10 Mei 2023 - 22:29 WIB
loading...
Viral! Guru di Pangandaran Mengaku Kena Pungli dan Intimidasi hingga Mengundurkan Diri
Guru ASN muda di Pangandaran ini mendadak viral karena mengaku kena pungli dan intimidasi hingga mengundurkan diri sebagai ASN. Foto: Tangkapan Layar
A A A
PANGANDARAN - Seorang guru Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, bernama Husein Ali Rafsanjani mendadak viral di media sosial.

Husein menjadi buah bibir di dunia maya usai meluapkan curahan hatinya (curhat) terkait pungutan liar (pungli) yang menimpanya saat akan mengikuti pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Oktober 2021 lalu.



Dalam curhatannya, sang guru itu juga mengaku diintimidasi setelah melaporkan adanya dugaan pungutan liar yang dilakukan salah satu dinas di Kabupaten Pangandaran.

Dalam video viral itu, seorang laki-laki yang sekaligus ASN di lingkup Kabupaten Pangandaran mengaku, mendapat pungli saat mengikuti pelatihan dasar Latsar CPNS pada Oktober 2021 lalu.



“Saat itu, saya lolos seleksi CPNS 2019 dan harus mengikuti Latsar selama dua pekan pada Oktober 2021,” katanya dalam video.

Sebelum mengikuti Latsar di Pangandaran, Husein diberi kabar untuk membayar uang sebesar Rp275 ribu untuk biaya transport. Karena hal itulah dia kemudian membuat video untuk berbicara kepada publik dan viral di media sosial.



Video tersebut dibuat oleh Husein, lantaran pengunduran dirinya sebagai ASN tidak kunjung ditindaklanjuti. Selain itu, Husein mengaku juga mendapat intimidasi dari beberapa orang pada November 2021 dikarenakan membuat laporan di Website lapor.go.id untuk menanyakan perihal biaya Rp275 ribu tersebut.

Karena sudah merasa tidak nyaman, Husein pun memutuskan untuk berhenti mengajar di SMPN 2 Pangandaran pada Maret 2022. Sejak saat itu, Husein memilih kembali ke Kota Bandung sembari menunggu surat pengunduran dirinya keluar.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)