Jelang May Day, Buruh di Jateng Minta Kapolda Bentuk Desk Ketenagakerjaan

Jum'at, 30 April 2021 - 08:13 WIB
loading...
Jelang May Day, Buruh di Jateng Minta Kapolda Bentuk Desk Ketenagakerjaan
Perwakilan buruh dari Aliansi Gerbang meminta pembentukan Desk Ketenagakerjaan kepada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kamis (29/4/2021). Foto/Istimewa
A A A
SEMARANG - Aliansi Gerakan Buruh Berjuang Jawa Tengah (Gerbang) meminta Polda Jawa Tengah membentuk desk ketenagakerjaan.

Permintaan itu disampaikan Aliansi Gerbang menjelang peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) mendatang.

Menurut Koordinator Gerbang, Nanang Setyono jika permintaan Desk Ketenagakerjaan tersebut diperlukan untuk memberikan kepastian hukum bagi para buruh dalam mendapatkan hak-haknya, seperti upah, jaminan sosial, dan kebebasan berserikat.

Dia mengatakan, Desk Ketenagakerjaan selain sebagai lembaga pro-justitia atau proses hukum, juga memiliki fungsi sebagai lembaga konsultasi dan edukasi para buruh dan pengusaha khususnya tentang pidana ketenagakerjaan

“Kami berharap dan minta jelang May Day ini Polda Jateng bisa membentuk Desk Ketenagakerjaan untuk melindungi hak-hak buruh seperti upah, jaminan sosial dan kebebasan berserikat,” kata Nanang saat beraudiensi di Mapolda Jateng, Semarang, Kamis (29/4/2021).

“Desk Ketenagakerjaan juga bisa jadi solusi setiap permasalahan pidana ketenagakerjaan yang selama ini selalu mentah karena tidak banyak yang paham soal pidana ketenagakerjaan,” katanya.

Dia mengatakan, bila pihaknya yakin Polda Jateng dapat mewujudkan Desk Ketenagakerjaan tersebut dengan cepat karena UU ketenagakerjaan sifatnya lex specialist yang hanya bisa ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda.

“Kami yakin pak Kapolda bisa dengan cepat mewujudkan Desk Ketenagakerjaan ini. Satuan fungsinya jelas, ada di Ditreskrimsus, jadi tinggal melembagakan,” ujar dia.

Baca juga: KKB Semakin Brutal, Pasukan Elit Kostrad Disiapkan Menuju Papua

Permintaan buruh mendapat respons positif oleh Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi. Pihaknya akan segera merumuskan dan menyiapkan alat kelengkapannya dan semoga bisa menjadi kado buruh di hari May Day, 1 Mei.

Baca juga: Malam Ini, Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 2 Km

“Terima kasih masukan yang positif, akan segera kami rumuskan dan siapkan. Semoga saja hasilnya bisa cepat dan jadi kado buruh di May Day nanti,” kata Kapolda. (ahmad antoni)
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)