Jamaah Masjid Gempar, Tokoh Muhammadiyah Makassar Meninggal di Atas Mimbar saat Ceramah

Senin, 26 April 2021 - 22:14 WIB
loading...
Jamaah Masjid Gempar, Tokoh Muhammadiyah Makassar Meninggal di Atas Mimbar saat Ceramah
Penceramah di Masjid Baiturrahman Makassar ini mendadak pingsan dan tumbang di atas mimbar saat menyampaikan ceramahnya, Senin (26/4/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Jamaah Masjid Baiturrahman Panaikang, Kelurahan Karampuang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar mendadak gempar saat seorang penceramah mendadak tumbang di atas mimbar saat menyampaikan dakwahnya, Senin (26/4/2021) selepas salat duhur.

Penceramah itu adalah salah seorang Tokoh Muhammadiyah Kota Makassar , Dr Ruddin Emang. Rekaman CCTV detik-detik meninggalnya Rudding, sempat heboh di media sosial utamanya grup WhatsApp. Durasinya 45 detik. Di belakangnya terlihat seorang pria lain yang tengah salat.



Di tengah ceramahnya, Rudding seolah tak sadarkan diri. Sesaat kemudian, kepalanya membentur meja mimbar hingga nyaris terjatuh. Beberapa jamaah masjid kemudian menghampiri untuk menolong pria tersebut.

Imam Kelurahan Karampuang, Ridwan Salla mengatakan, Almarhum terjatuh ketika hampir menyelesaikan ceramahnya di atas mimbar. "Setelah jadi imam salat duhur, lanjut lagi ceramah. Di akhir ceramah baca doa. Belum selesai berdoa, meninggal mi juga,” katanya kepada SINDONews.

Awalnya, beberapa jamaah sempat membantu Rudding ketika pingsan. Namun sayang setelah diperiksa napas dan denyut nadi sudah tidak bereaksi. “Jadi dibawa ke rumahnya. Kebetulan di samping masjid (lokasinya),” ujar Ridwan.



Dia bilang di Masjid itu, memang rutin dilakukan ceramah, setelah salat duhur berjamaah. Ridwan mengaku selama ini almarhum beberapa kali jadi imam, sekaligus membawakan ceramah.

Selama ini, kata Ridwan, lelaki 70 tahun itu sehat bugar. Beberapa kali beraktivitas keagamaan di masjid. "Almarhum ini sehat, tidak ada penyakitnya. Rutin itu bawa ceramah. Biasa juga jadi imam," imbuhnya.

Dia mengungkapkan Rudding merupakan Pembina Yayasan Masjid Baiturrahman Panaikang. Juga merupakan tokoh Muhammadiyah, sekaligus dosen di beberapa universitas di Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)