Mampu Laksanakan Reformasi Birokrasi dengan Baik, Gorontalo Terima Penghargaan

Kamis, 22 April 2021 - 23:20 WIB
loading...
Mampu Laksanakan Reformasi Birokrasi dengan Baik, Gorontalo Terima Penghargaan
Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Cahjo kepada Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjiddi di Jakarta, Kamis (22/4/21).
A A A
GORONTALO - Pemerintah Kota Gorontalo menjadi salah satu daerah terbaik menerapkan reformasi birokrasi berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Adapun nilai yang diperoleh berpredikat B. Penghargaan diserahkan oleh Menteri ‎PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjiddi di Jakarta, Kamis (22/4/21).

Wali Kota Gorontalo Marten Taha yang pada waktu bersamaan berada di Jakarta mengatakan, prestasi ini akan memicu motivasi pemerintah Kota Gorontalo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Reformasi birokrasi merupakan aspek yang sangat mempengaruhi tata kelola pemerintahan di Kota Gorontalo. Kami turut menghaturkan terima kasih kepada Menpan RB yang telah memberikan penilain terhadap pelaksanakan reformasi birokrasi secara selektif,” kata Marten.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan Kemenpan RB menempatkan Kota Gorontalo menjadi daerah tertinggi di Provinsi Gorontalo melalui sistem pelaporan aplikasi.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Ramjan Datunsolang mengatakan ada delapan area perubahan yang menjadi dasar penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi. Kedelapan tersebut yaitu manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan kelembagaan, pelayanan, manajemen pelayanan, pengawasan, akuntabilitas dan perencanan.

Kunci pencapaian tersebut pihaknya menggunakan metode penilaian mandiri bersama inspektorat sebelum berkasnya dikirim ke Menpan. Tentunya dengan melibatkan OPD terkait yang di delapan area perubahan. "Dan yang mengangkat point kita reformasi birokrasi telah tersosialisasikan sampai ke tingkat kecamatan,” ujarnya. (CM)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)