Tebus Dosa, Kakek 102 Tahun di Kuningan Pilih Tinggal di Gubuk Dekat Makam

Selasa, 20 April 2021 - 19:56 WIB
loading...
Tebus Dosa, Kakek 102 Tahun di Kuningan Pilih Tinggal di Gubuk Dekat Makam
Abah Sarji, kakek di Desa Lengkong, Garawangi, Kuningan, Jawa Barat menjadi perbincangan karena tinggal di Gubuk dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU). Foto/MPI/Wisnu Yusep
A A A
KUNINGAN - Seorang kakek di Desa Lengkong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan , Jawa Barat, yakni Abah Sarji menjadi buah bibir belakangan ini menjadi buah bibir di desa tersebut.

Baca juga: Langgar Gipo, Tempat Diskusi Ulama NU hingga Soekarno

Pasalnya kakek berusia 102 tahun itu tinggal di sebuah gubuk dengan ukuran 2x2, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lengkong, Kecamatan Garawangi, Kuningan, Jawa Barat.

Baca juga: Masjid Besar Ujungberung, Pusat Syiar Islam Kota Bandung Tempo Dulu

Abah Sarji memilih hidup di TPU Lengkong, tak lain adalah untuk menebus dosa semasa hidupnya. Abah Sarji mengaku selama hidup di saung ini, tiap malam tidak lepas melaksanakan zikir dan minta pengampunan dosa selama hidup.

Baca juga: Masjid Cheng Ho, Seperti Pagoda dan Filosofi Kakbah serta Perjalanan Wali Songo

"Iya kalau tiap malam, dzikir membaca sebisa apa saja. Seperti Astagfirullah, La Ila Ha Illallah dan itu sekuatnya," kata Abah Sarji ketika ditemui wartawan, Selasa (20/4/2021).

Tebus Dosa, Kakek 102 Tahun di Kuningan Pilih Tinggal di Gubuk Dekat Makam


Penebusan dosa itu, diakui Abah Sarji, baik dosa yang tak disengaja maupun disengaja saat masih muda dulu. Kakek bertubuh sedikit gumpal itu pun terlihat telanjang dada tanpa menggunakan kaus ataupun pakaian.

Abah Sarji mengungkap tidak bosen memberikan pesan kepada siapapun yang masih hidup untuk banyak beribadah, karena usia alam sudah tua dan banyak kerusakan alam oleh ulah tangan manusia.

"Siapa yang datang ke saung, Abah suka berpesan untuk meningkatkan ibadah. Kemudian yang sering datang itu pak Kesra kadang suka kasih Abah rokok," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3908 seconds (0.1#10.140)