Pemilihan Ketum IA ITB Dinilai Tidak Jurdil, IKA POLBAN Keluarkan 8 Pernyataan Sikap

Jum'at, 16 April 2021 - 15:07 WIB
loading...
Pemilihan Ketum IA ITB Dinilai Tidak Jurdil, IKA POLBAN Keluarkan 8 Pernyataan Sikap
IKA POLBAN menyampaikan protes terhadap Pemilihan Ketum IA ITB karena dinilai tidak berjalan Jurdil. (Ist)
A A A
BANDUNG - Kongres Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) X sejatinya digelar di Balai Pertemuan Ilmiah ITB, di Bandung, pada 16-17 April 2021. Dalam kesempatan tersebut utamanya dilaksanakan Pemilihan Ketua Umum (Pemilu) IA ITB periode 2021-2026 yang diikuti delapan kandidat.

Namun Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Politeknik Negeri Bandung (IKA POLBAN)/ Poltek ITB Agus Mulyawan, mengeluarkan delapan maklumat pernyataan sikap "Mohon Perlindungan Hak Suara Kami dalam Memilih” dan ditujukan di antaranya untuk Ketua SC Kongres IA ITB 2021, Tito Kurniadi (GL84), Ketua OC Kongres IA ITB 2021 Agustin Peranginangin (Si’94), Ketua Umum Pengurus IA ITB 2026-2020 Ridwan Djamalludin (GL`82), Dewan Pengawas IA ITB Ketua Pengurus Daerah IA ITB, dan Ketua Pengurus Program Studi IA ITB serta Ketua Komisariat IA ITB.

Selain Agus, pernyataan sikap dalam surat tersebut juga ditandatangani Ketua Harian Adi Budiman. Pertama, dikatakan Agus bahwa para Alumni Politeknik ITB merupakan satu kesatuan yang utuh sebagai anggota Keluarga Besar Ikatan Alumni ITB, adalah Anggota Biasa sesuai yang dinyatakan dalam AD/ART IA ITB. "Namun dalam ajang demokrasi ivoting pemilihan ketua umum periode kali ini, hak menyampaikan suara kami menemui berbagai kendala yang berasal dari Panitia Pemilu," katanya dalam siaran pers kepada para wartawan, Jumat (16/4/2021).

Disampaikan Agus, kendala tersebut di antaranya saat pendaftaran pemilih dinyatakan dibuka, para Alumni Politeknik ITB, tidak diberikan akses ke menu pilihan jurusan/Prodi sehingga sebagian dari anggota banyak memilih Program Profesi Insinyur (PPI) yang itu bukan merupakan Politekni ITB. Pihaknya baru diberikan akses sekitar dua minggu kemudian dengan akses menu Pilihan Jurusan : Program Politeknik ITB tanpa menyertakan menu berbagai pilihan jurusan/Prodi. Padahal di PPI dicantumkan berbagai jurusan/Prodi.

"Kami Alumni ITB yang berasal dari kampus Politeknik ITB, berkuliah enam semester di kampus Ciwaruga, merasa mendapat perlakuan yang berbeda dengan pemilih Alumni ITB yang lain, khususnya yang berasal dari Program Profesi Insinyur (PPI) yang kuliah hanya dua semester. Perlu diketahui bahwa dalam penyambutan mahasiswa baru dan pelepasan (wisuda) Politeknik ITB saat itu, dilakukan oleh Rektor ITB, serta ijazah kamipun ditandatangani oleh Rektor ITB," sambungnya.

Diutarakannya lagi, keberatan atas diskriminatifnya panitia kongres dalam pendaftaran pemilih maupun verifikasi daftar pemilih sementara untuk menjadi DPT ivoting pemilu IA ITB telah disampaikan baik secara individu maupun surat dari Ikatan Alumni Polban/Poltek ITB kepada Panitia. Baca: Pukul Kepala Karyawan dengan Airgun hingga Bocor, Pemilik Rumah Makan Ditangkap.

"Namun sampai berakhirnya masa pendaftaran DPT pada tanggal 11 April 2021, data yang disampaikan tersebut tidak pernah ada tindak lanjut sama-sekali, yang menyebabkan ribuan alumni Politeknik tidak bisa mendaftar," lanjutnya.

Lebih jauh disampaikan Agus, pada 12 April 2021 pihaknya mendeteksi adanya penambahan akses pilihan jurusan: Program D3 Politeknik ITB dan berisi data-data DPS Alumni ITB yang berasal dari Data BAAK Politeknik Negeri Bandung. Namun pada tanggal tersebut pendaftaran sudah tidak dapat dilakukan karena sudah di luar batas pendaftaran yang ditutup pada tanggal 11 April 2021 pukul 23.59 WIB. Baca Juga: Wanita Paruh Baya Ini Nekat Gadaikan Mobil Rental untuk Bayar Utang.

"Akibatnya kami merasa malu dan marah, karena dengan penerapan teknologi maju dalam proses pemilihan ketua umum pengurus pusat IA ITB kali ini, yang didalam kepanitiaannya diisi oleh putra-putri terbaik bangsa, justru malah menyebabkan Alumni Politeknik ITB mengalami kehilangan hak suara akibat pengurusnya sangat tidak professional dan benar-benar tidak memperhatikan ketentuan pasal-pasal AD/ART IA ITB tersebut," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6295 seconds (0.1#10.140)