Jelang Ramadhan, Warga Kuningan Datangi Makam Keluarga untuk Berdoa

Senin, 12 April 2021 - 03:53 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Warga Kuningan Datangi Makam Keluarga untuk Berdoa
Ratusan warga Desa Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat melakukan ziarah ke makam keluarga jelang bulan suci ramadhan.
A A A
KUNINGAN - Ratusan warga Desa Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat melakukan ziarah ke makam keluarga jelang bulan suci ramadhan. Kendati di tengah pandemi COVID-19, warga tetap antusias melakukan ziarah atau nyekar ke makam leluhur.

Sejak Minggu pagi (11/4/2021) tempat pemakaman umum setempat mulai dipenuhi warga. Mereka datang ke TPU untuk berziarah dengan membawa kembang serta peralatan seadanya. Mereka membersihkan makam keluarga dan kerabatnya. Selanjutnya mendoakan arwah keluarga yang telah mendahuluinya.

Baca juga: Mayat Bayi Laki-laki Tanpa Dua Kaki Gemparkan Tasikmalaya

Salah seorang peziarah, Jejen warga Kramat Mulya RT 01 RW 05 mengatakan, kegiatan bersih-bersih makam ini dilakukan sebagai tradisi tiap tahun jelang bulan puasa. Warga juga berharap, diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa sebulan mendatang. "Kami datang ke pemakaman, mendoakan kakek nenek, buyut dan orang tua yang sudah meninggal terlebih dahulu," ujarnya.

Sementara peziarah lain Erus Rusmana yang jauh-jauh datang dari luar kota, sengaja nyekar menjelang puasa. "Setiap tahun saya pulang ke kampung untuk berziarah ke kuburan," katanya.

Baca juga: Tragis! Gubuk Berteduh Ambruk, 2 Buruh Tani di Cianjur Meregang Nyawa

TPU desa setempat terus dipenuhi para penziarah, namun akibat masih masih pandemi COVID-19 jumlah penziarah menurun, diperkirakan para penziarah ke makam akan terus dilakukan sampai mendekati bulan suci ramadhan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3062 seconds (0.1#10.140)