Jelang Ramadan, Warga Binaan Rutan Salatiga Bersih-Bersih Masjid

Jum'at, 09 April 2021 - 13:16 WIB
loading...
Jelang Ramadan, Warga Binaan Rutan Salatiga Bersih-Bersih Masjid
Warga binaan Rutan Salatiga saat membersihkan tempat wudhu Masjid Baitul Muttaqin, Dusun Petet, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jumat (9/4/2021). Foto/IST
A A A
SEMARANG - Belasan warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga mengikuti kegiatan bersih-bersih Masjid Baitul Muttaqin, Dusun Petet, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jumat (9/4/2021). Ini bagian dari rangkaian bakti sosial HUT ke 57 Hari Pemasyarakatan sekaligus menyambut bulan suci Ramadan.

Kepala Rutan Kelas II B Salatiga Andre Lesmano mengatakan, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dengan melibatkan warga binaan juga bagian dari wujud adaptasi dan menghilangkan stigma negatif terhadap mereka. "Tentunya kegiatan ini sangat positif dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat karena pada bulan Ramadan banyak aktivitas di dalam masjid," katanya. Baca juga: Warga Binaan Rutan Salatiga Kelabakan, Petugas Mendadak Geledah Kamar

Menurutnya, belasan warga binaan yang mengikuti kegiatan tersebut tidak lama lagi bebas. Harapannya, setelah selesai menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat dapat diterima kembali dengan baik.

Dia menjelaskan, para warga binaan ini rata-rata tersangkut kasus kriminal umum mulai dari perjudian hingga pencurian. Adapun masa hukumannya berkisar 4 sampai 6 tahun.

Seorang warga binaan Sigit Zainar mengaku senang dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial itu. Dia berharap pasca keluar dari tahanan dapat cepat beradaptasi dengan masyarakat kembali.

"Semoga saya nanti bisa lebih baik lagi dan diterima masyarakat. Selama dalam tahanan saya juga dibekali kajian kerohanian. Saya juga berterimakasih kepada pihak rutan diberi kesempatan berkegiatan diluar," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)