Dirut PDAM Gresik Sebut Muhammad Teken MoU Investasi Air Baku Rp133 M

Rabu, 31 Maret 2021 - 16:54 WIB
loading...
Dirut PDAM Gresik Sebut Muhammad Teken MoU Investasi Air Baku Rp133 M
Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Aminatus Zariah saat diwawancarai awak media. Foto/SINDOnews/ashadi ik
A A A
GRESIK - Dirut PDAM Giri Tirta Gresik , Siti Aminatus Zariah mengakui dirinya diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait investasi air baku Rp133 miliar dengan dua perusahaan.

"Yang teken Pak Muhammad yang saat ini anggota DPRD Gresik dari fraksi PKB," ucapnya saat wawancara media, Rabu (31/3/2021). Dalam proyek 2012 itu, PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dan PT Drupadi Agung Lestari (DAL).

Dirut yang dipanggil Risa itu menjelaskan, kerjasama PT DBT dengan sistim Build Operate Transfer (BOT). Membangun proyek instalasi pengolahan air di Desa Legundi Kecamatan Driyorejo senilai Rp 47 miliar.

Baca juga: Direksi PDAM Giri Tirta Gresik Diperiksa KPK, Diduga Terkait Pengadaan Barang 2012

Kerjasama dengan PT DAL, lanjut Risa, untuk membangun proyek rehabilitation operating operasional transfer (ROOT) di Desa Krikilan Kecamatan Driyorejo dengan nilai investasi sebesar Rp86 miliar.

"Kerjasama masing-masing 25 tahun. KPK juga ke lokasi tempat Dewata dan Drupadi di Legundi dan Krikilan," ujarnya.

Risa mengakui, dirinya menjalani pemeriksaan penyidik KPK selama lima jam. Materi pemeriksaan terkait dua perusahaan rekanan PDAM itu.

Baca juga: Setelah Aa Gym Cabut Gugatan Cerai, Giliran Teh Ninih Rencana Ajukan Gugatan

"Saya dimintai keterangan masalah administrasinya saja dulu. Mulai study kelayakan (FS), saya pribadi ditanya bagaimana masalah penyerapan anggarannya," kata dia.

Sekadar diketahui, kerjasama investasi dengan PT DAL kerjasama dalam penyediaan air dengan kapasitas 400 liter perdetik. Sementara untuk PT DBT kerjasama penyediaan air dengan kapasitas 200 liter per detik. Kedua proyek dengan total nilai investasi ratusan miliar tersebut baru berjalan 8 tahun.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)