Bantu Korban Bencana, Tagana Kartar di Probolinggo Bersihkan Lumpur Setinggi 1,5 Meter

Rabu, 31 Maret 2021 - 09:35 WIB
loading...
Bantu Korban Bencana, Tagana Kartar di Probolinggo Bersihkan Lumpur Setinggi 1,5 Meter
Gabungan karang taruna Heppiii Community Probolinggo saat turun ke lokasi bencana beberapa hari lalu.
A A A
PROBOLINGGO - Gabungan 11 karang taruna (kartar) di Probolinggo aktif membantu penanganan bencana di Kecamatan Dringu yang dalam beberapa hari terakhir dihajar banjir besar. Belasan kartar ini menghimpun diri dalam Tim Tanggap Bencana (Tagana) Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur (KITA) Probolinggo.

Koordinator tim Tagana KITA Probolinggo, Dwi Haryantoro mengatakan pihaknya sudah membentuk tim tagana yang anggotanya diambilkan dari perwakilan karta. Tim Tagana ini akan menjadi tim reaksi cepat jika terjadi bencana di wilayah Probolinggo.

Baca juga: 8 Tahun di Korea, Ini Profil Warga Tulungagung yang Diamankan Densus 88

Tujuan dibentuknya tim Tagana KITA, untuk membantu tenaga maupun donasi jika ada bencana. Tim ini juga akan membackup tim yang sebelumnya sudah ada, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) milik pemkab dan pemkot setempat.

"Kami juga akan berkolaborasi dengan komunitas KITA jika misalnya ada bencana besar di wilayah luar Probolinggo," kata Dwi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021)

Tim Tagana KITA Probolinggo ini sudah mulai bekerja saat ada bencana banjir di Kecamatan Dringu dan wilayah sekitarnya di Probolinggo beberapa hari lalu.

Baca juga: 7 Advokat Muda Surabaya Ini Luncurkan Aplikasi Konsultasi Masalah Hukum

Kartar Heppiii Community yang tergabung dalam Tagana Kita Probolinggo ini terdiri dari 11 karta, yakni Karta Couple Laweyan, Patriot Brumbungan Lor, Boto, Karta Sapikerep, Sukapura, TKP4, Kalibuntu, Singowongso, Andeng, Arban dan Papeda.

Imam Hanafi dari Karta Laweyan mengatakan setiap karta mengirimkan perwakilan lima sampai 10 orang untuk bergabung dengan tim Tagana KITA Probolinggo menuju wilayah Dringu.

"Seminggu lalu kami sudah ke Dringu dengan membantu memberikan keperluan warga terdampak banjir seperti sendal, sembako, kemudian keperluan warga seperti alat untuk mengepel, pakaian layak pakai untuk diberikan ke warga," ungkap Imam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)