Anak Sungai Citanduy Meluap, Puluhan Rumah di Kota Tasikmalaya Terendam

Sabtu, 27 Maret 2021 - 22:57 WIB
loading...
Anak Sungai Citanduy Meluap, Puluhan Rumah di Kota Tasikmalaya Terendam
Hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya sejak Sabtu (27/3/2021) sore hingga malam mengakibatkan Sungai Anak Citanduy. Akibatnya puluhan rumah terendam. Foto/iNews TV/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sejak Sabtu (27/3/2021) sore hingga malam mengakibatkan Sungai Anak Citanduy. Akibatnya puluhan rumah yang berada di sepanjang bantaran sungai terendam banjir hingga setengah meter.

Baca juga: Remaja Curi Sepatu di Masjid Gemparkan Tasikmalaya, Aksinya Terekam CCTV

Sejumlah warga terlihat panik dan untuk mengantisipasi banjir lebih tinggi, warga yang terdampak diungsikan ke tempat yang lebih aman. Puluhan rumah yang berada disepanjang aliran Sungai Anak Citanduy di Kampung Bobojong, Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat terendam banjir akibat luapan Anak Sungai Citanduy.

Baca juga: Napi Lapas Nusakambangan dan Lapas Sukamiskin Kendalikan Penjualan Sabu di Tasikmalaya

Luapan sungai merendam dua RT yaitu RT01 dan 02 di RW09 Kampung Bobojong. Selain merendam puluhan rumah di Kampung Bobojong, banjir juga merendam puluhan rumah di Jalan Buninagara Dua dan Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipeses, Kota Tasikmalaya.

Anak Sungai Citanduy Meluap, Puluhan Rumah di Kota Tasikmalaya Terendam


Ketua RW09 Aa Suhara menjelaskan, banjir ini akibat meluapnya Anak Sungai Citanduy dan Ciloseh. Debit air yang besar dan pintu irigasi yang kecil membuat banjir merendam puluhan rumah warga.

Kejadian ini terjadi untuk kedua kalinya setelah tahun 2019 lalu. Warga menduga banjir tersebut terjadi karena Sungai Anak Citanduy yang tak kuat menahan debit air karena hujan terjadi sangat deras dan cukup lama.

Hingga saat ini belum diketahui jumlah pasti berapa puluh rumah yang terendam banjir dan BPBD Kota Tasikmalaya masih mendata jumlah daerah dan rumah yang terkena banjir.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)