Masyarakat Dapil II Sulit Dapatkan Bibit Kelapa Sawit Unggul

Kamis, 25 Maret 2021 - 13:11 WIB
loading...
Masyarakat Dapil II Sulit Dapatkan Bibit Kelapa Sawit Unggul
Anggota DPRD Seruyan Hadinur (tengah pojok kanan) bersama jajaran anggota dewan lainnya saat melakukan kunker ke DPRD Barito Timur baru-baru ini. (Ist)
A A A
SERUYAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika saat ini sejumlah masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) II yang meliputi meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk sedikit kesulitan untuk mendapatkan bibit kelapa sawit yang baik atau unggul.

Anggota DPRD Seruyan Hadinur mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat setempat saat pihaknya dan jajaran melaksanakan reses di wilayah setempat.

Menurutnya, secara umum tanaman kelapa sawit dan karet masih menjadi tumpuan hidup masyarakat di daerah setempat. Sehingga dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui instansi-instansi terkaitnya agar bisa menganggarkan kembali bantuan bibit kelapa sawit kepada para petani.

"Hal ini penting dilakukan mengingat selama ini masyarakat daerah setempat sedikit kesulitan untuk mendapatkan bibit kelapa sawit yang unggul, maka dari itu kami berharap agar ini diperhatikan," katanya, Kamis (25/3/2021). Baca: Petani di OKU Selatan Mulai Menikmati Legitnya Panen Buah Duku.

Disamping itu, Pemkab juga diharapkan bisa menyediakan atau bekerja sama dengan Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit yang ada di daerah sekitar untuk menyiapkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang penanaman kelapa sawit yang benar.

Ia menjelaskan, hal tersebut dikarenakan selama ini masyarakat hanya bertanam secara otodidak sehingga hasil panen dari lahan perkebunan milik mereka masih belum maksimal dan jauh dari apa yang diharapkan. Baca Juga: 100 Pegawai Imigrasi Batam di Vaksin COVID-19.

"Siapkan tenaga-tenaga profesionalnya untuk memberikan penyuluhan atau pelatihan kepada masyarakat, tentang bagaimana kiat-kiat agar hasil panen itu bisa maksimal dan ini juga berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)