Agam Gempar, Pohon Pisang Milik Azmi Berbuah 2 Tandan Dalam 1 Pohon

Sabtu, 20 Maret 2021 - 04:40 WIB
loading...
Agam Gempar, Pohon Pisang Milik Azmi Berbuah 2 Tandan Dalam 1 Pohon
Pohon pisang di Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berbuah dua tandan sekaligus. Foto/iNews TV/Wahyu Sikumbang
A A A
AGAM - Warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, digemparkan dengan adanya pohon pisang yang mampu berbuah dua tandan sekaligus. Pohon pisang tersebut milik Asmi alias Mak Ciak, warga Lapau Kungsi, Jorong PSB, Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang, Kamang.



Awalnya, kata Azmi pohon pisang di lahannya itu tumbuh seperti biasanya tanaman pisang . Namun setelah berbuah menunjukkan keanehan karena mampu berbuah dua tandan sekaligus. "Munculnya dua tandan pisang secara bersamaan dalam satu pohon ini, terjadi sejak sebulan lalu," tuturnya.



Saat itu, menurutnya terlihat bagian jantung pisang yang berjumlah dua. Pohon pisangnya ini juga lebih tinggi dari pohon pisang lain yang ada di dekatnya. Buah pisang tersebut terus membesar dengan baik.

Sebelum ditanami pisan, lahan tersebut sempat ditanami jagung, namun kata Azmi jagung yang ditanam di bagian tengah pasti roboh. Akhirnya jagung tersebut diganti dengan pisang yang menghasilkan dua tandan dalam satu pohon.

Menurut Mak Ciak, setelah pisangnya nanti sudah matang dan ditebang, maka buahnya akan dibagi kepada anak yatim dan untuk anak cucu. Pisang berbuah dua tandan dalam satu pohon ini, baru pertama terjadi di daerah Gaduik.



Sejumlah warga sekitar yang mengetahui keanehan ini langsung mendatangi lokasi, dan mengabadikan momen langka hingga viral di media sosial . Setelah viral, warga yang datang ke lokasi pun makin ramai hingga berimbas positif pada meningkatnya kunjungan ke warung-warung di sekitar lokasi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)