Aneh dan Unik, Ada Pohon Kelapa Bercabang 9 di Jepara

Jum'at, 19 Maret 2021 - 09:47 WIB
loading...
Aneh dan Unik, Ada Pohon Kelapa Bercabang 9 di Jepara
Pohon kelapa di Desa Bondo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bercabang sembilan. Foto/iNews TV/Alip Sutarto
A A A
JEPARA - Aneh dan unik, di Desa Bondo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ada pohon kelapa yang tumbuh bercabang. Pohon kelapa yang tumbuh di depan rumah Nanang Aris tersebut, memiliki sembilan cabang.



Pohon kelapa tersebut, tumbuh dengan ukuran batang dan berbuah normal layaknya kebanyakan pohon kelapa lainnya. Cabang pertama tumbuh dengan ketinggian sekitar lima meter, sedangkan cabang berikutnya memiliki panjang lebih pendek.



Menurut Nanang Aris, pohon kelapa bercabang ini ditanam oleh ayahnya sejak 25 tahun silam. "Kemungkinan ada faktor genetik, sehingga pohon kelapa ini tumbuhnya bercabang. Pohon kelapa ini merupakan generasi dari bibit pohon kelapa sebelumnya yang memiliki cabang hingga 17 dan 21. Sayangnya, induk dari pohon itu telah lama mati," tuturnya.



Selain dikembangkan untuk pembibitan, buah dari pohon kelapa bercabang ini dipercaya orang sebagai obat alternatif. Keberadaan pohon kelapa bercabang mengundang penasaran sejumlah orang, pohon tersebut dinilai aneh karena tak seperti pohon kelapa pada umumnya. "Kami penasaran dengan pohon kelapa bercabang ini," ujar Hanief, salah seorang pengunjung.



Sejumlah perguruan tinggi belum lama ini melakukan penelitian, guna mengetahui faktor tumbuhnya cabang pohon kelapa tersebut. Pemiliknya, juga mencoba membudidayakan bibit pohon kepala bercabang, hanya saja belum terlihat tumbuh cabang karena usianya yang masih muda.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)