Jelang Ramadan, Gubernur Sulbar Pantau Masjid Rusak Pascagempa dan Beri Bantuan

Kamis, 18 Maret 2021 - 00:04 WIB
loading...
Jelang Ramadan, Gubernur Sulbar Pantau Masjid Rusak Pascagempa dan Beri Bantuan
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat meninjau salah satu masjid yang rusak akibat guncangan gempa, Januari 2021 lalu. Foto: iNews/Huzair Sainal
A A A
MAJENE - Gempa yang meluluhlantakkan sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju dan Majene , Sulawesi Barat ( Sulbar ), Januari 2021 lalu, masih menyisahkan puing-puing bangunan, salah satunya masjid rusak di sejumlah titik.

Menjelang Ramadan, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) meninjau masjid yang rusak di 5 kecamatan untuk dibantu di Majene dan Mamuju. Dalam kunjungannya, gubernur didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Kementrian Agama, Rabu (17/3/2021).

Baca juga:
Bantu Korban Gempa di Daerah Terisolir, Gubernur Sulbar Terjebak Longsor

Dari data penanganan bencanah gempa, saat ini terdapat lebih dari 70 masjid yang rusak ringan ataupun parah yang berdampak akibat gempa. Di mana 18 di antaranya mengalami rusak parah yang terletak di Kecamatan Ulumanda,Malunda Dan Tappalang.

Jelang Ramadan, Gubernur Sulbar Pantau Masjid Rusak Pascagempa dan Beri Bantuan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, dr Asran yang ikut mendampingi gubernur menbgaku prihatin melihat kondisimasjid yang rusak. Salah satunya Masjid Nurul Taupiq Deking, Malunda.

“Bangunan masjid ini sudah tidak utuh lagi,reruntuhan bangunan bahkan masih berserakan di lokasi. Sehingga masjid takbisa lagi ditempati oleh masyrakat setempat untuk salat,” tuturnya.



Apalagi saat ini, menjelang bulan suci Ramadan para jamaah terpaksa memanfatkanhalaman masjid untuk mendirikan tenda.

Sementara Gubernur Sulbar, Ali BaaI Masdar (ABM) mengatakan, dirinya tidak hanya memantau kondisi banguan masjid yang rusak, namun jugaakan menyalurkan bantuan perbaikan bangunan masjid sehingga, jamaah bisa beribadah dengan nyaman dan tenang.

“Bantuan tersebut bersumber dari dana pusat sebesar Rp50 juta, dari pemerintah proivnsi sendiri juga akan memeberikan bantuan, begitu pun dari berbagai pihak termasuk DPRD Provinsi Sulawesi Barat,” katanya.



Dia menyebutkan, masjid dengan bangunan berukuran besar akan mendapatkan bantuan hingga sebesar 200 juta secara bertahap. Rencananya renovasi banguan masjid yang rusak ringan akan dimulai pada Selasa, (23/3/2021). Gubernur juga berharap pada masyarakat setempat bisa ikut berfartisipasi dalam perbaikan dan pemulihan rumah ibadah di wilayah masing masing.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)