Warga Kaget, Pasar Tradisional Campurdarat Tulungagung Tiba-tiba Terbakar

Rabu, 17 Maret 2021 - 07:02 WIB
loading...
Warga Kaget, Pasar Tradisional Campurdarat Tulungagung Tiba-tiba Terbakar
Pasar tradisional di wilayah Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung Rabu (17/3) dini hari, terbakar. Foto SINDOnews/Solichan A
A A A
TULUNGAGUNG - Pasar tradisional di wilayah Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung Rabu (17/3/2021) dini hari, terbakar . Api yang tiba tiba muncul, dan secara cepat membakar sebagian besar bangunan pasar beserta isinya tersebut, diduga berasal dari lapak pedagang plastik.

"Informasi warga, titik api mula mula berasal bagian lapak pedagang plastik," ujar Kabid Damkar Satpol PP Pemkab Tulungagung Gatot Sunu kepada wartawan Rabu (17/3/2021). Kebakaran terjadi pada pukul 01.00 Wib dini hari. Belum bisa dipastikan penyebab kebakaran.

Informasi yang dihimpun, api mula mula muncul di bagian tengah sisi timur pasar. Lokasi tersebut merupakan lapak berjualan para pedagang plastik. Dalam waktu singkat, api menjalar ke mana mana.



"Bentuknya (di sisi timur yang terbakar) lapak lapak tradisional terbuka," kata Gatot Sunu. Dari tengah sisi Timur api juga meludeskan lapak lapak yang berada di sebelah selatan. Termasuk yang berdekatan dengan pintu masuk.

Sementara lapak yang berada di tengah sisi barat, relatif aman. Menurut Gatot, api diduga meludeskan sekitar 70 persen bangunan lapak beserta isinya. Belum diketahui pasti berapa jumlah lapak yang terbakar.

Namun diperkirakan mencapai ratusan lapak. Sementara bagian depan pasar yang sebagian besar bangunan pertokoan, relatif aman. Untuk sementara juga dilaporkan tidak ada korban jiwa. Sebab kebakaran terjadi di saat pasar dalam kondisi masih tutup.

"Diperkirakan mencapai 70 persen yang terbakar," kata Gatot. Untuk memadamkan api, petugas mengerahkan empat unit mobil damkar serta dua unit kendaraan suplai air. Dua unit mobil damkar diantaranya dibantu dari Kabupaten Trenggalek.

Sebab lokasi Pasar Campurdarat yang berada di wilayah selatan Kabupaten Tulungagung tersebut, berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek. Gatot mengatakan, sebagian besar api sudah berhasil dipadamkan.

Namun kendati demikian hingga pagi ini petugas masih melakukan upaya pembasahan. Sebab di bagian tengah lokasi kebakaran, masih banyak dijumpai bunga bunga api yang masih menyala. "Secara umum api audah berhasil dijinakkan. Tapi masih berlangsung pembasahan," pungkasnya.



Seperti diketahui, Pasar Campurdarat merupakan pasar tradisional terbesar di wilayah Kecamatan Campurdarat. Pasar ini berada di pinggir jalan raya, yakni jalur alternatif menuju Kabupaten Trenggalek melalui jalur selatan. Pemkab Tulungagung memiliki 32 pasar tradisional yang tersebar di 19 kecamatan.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3336 seconds (0.1#10.140)