HUT ke-52 Pemkab Jayapura akan Ditandai dengan Perubahan Nama Gedung Olahraga

Senin, 08 Maret 2021 - 20:50 WIB
loading...
HUT ke-52 Pemkab Jayapura akan Ditandai dengan Perubahan Nama Gedung Olahraga
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan meresmikan Stadion Barnabas Youwe untuk menandai puncak perayaan Hari Jadi ke-52 daerah tersebut pada Rabu (10/3/2021).
A A A
SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan meresmikan Stadion Barnabas Youwe untuk menandai puncak perayaan Hari Jadi ke-52 daerah tersebut pada Rabu (10/3/2021).

Menurut Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, pihaknya akan merayakan pindahnya Ibu Kota Sentani dari APO (Kota Jayapura) ke Sentani yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Jayapura, sekaligus meresmikan stadion Bas Youwe yang telah direhab dan perbaiki.

Stadion Barnabas Youwe atau yang lazim disebut SBY ini sudah direnovasi selama setahun terakhir memperbaiki tribun dan lampu penerangan dalam stadion tersebut. "Pada 10 Maret itu juga hari ulang tahun Pak Karafir, nanti kita undang akan hadir di situ dan sekaligus rayakan secara bersamaan," katanya, di Kompleks Ruko Dok II, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Minggu (7/3/2021).

10 Maret yang diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Jayapura itu merupakan pemberian dari Yan Pieter Karafir, Bupati Jayapura periode 1991-1996 dan 1996-2001.

"Dia (pa Karafir) bilang, kalo 10 Maret itu sa yang kasih, karena itu sa pu tanggal hari ulang tahun. Sehingga saya bilang ke dia, 'Ya sudah bapak, kita rayakan saja disana'. Kalau kita tidak ketemu beliau, pasti kita tidak tahu soal hari jadi Kabupaten Jayapura," katanya.

Mathius juga mengatakan bahwa pihaknya merehab GOR Toware adalah pelaksanaan dari rencana pendahulunya. "Kemudian kita juga rencana untuk GOR Toware itu kasih nama Habel Melkias Suwae atau HMS. Karena dialah yang punya karya, kita hanya meneruskan dan menyelesaikan yang belum dia selesaikan," katanya.

Bupati Jayapura dua periode ini mengatakan, usai perayaan HUT Kabupaten Jayapura, atau 11 hingga 18 Maret akan mengadakan acara 'MeNoken'. "Terus ada satu kegiatan lagi, di tanggal 11 sampai 18 Maret 2021 nanti, itu kita kasih nama 'Menoken'. Nanti sa kirim dia punya rundown-nya, jadi yang terlibat di situ ada Charles Toto, kemudian Alex Waisimon, terus Monim Cs (yang punya sekolah adat), ibu Hanni Felle (Rumah Baca), Marsel Suebu," ujarnya.

Jadi, dipastikan sejumlah orang kreatif dan orang-orang hebat akan ikut terlibat dalam memeriahkan HUT ke-52 Pemkab Jayapura. "Itu ada satu grup yang difasilitasi oleh satu lembaga dari Bogor yakni, Samdana Institut. Mereka buat acara itu dengan nama Menoken. Noken ini punya nilai-nilai yang luar biasa, filosofi dari Noken itulah yang mau dikembangkan oleh lembaga atau kelompok ini," katanya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6019 seconds (0.1#10.140)