Megaproyek PLTP Patuha Dimulai, Geo Dipa Rangkul Kelompok Perempuan

Senin, 08 Maret 2021 - 09:40 WIB
loading...
Megaproyek PLTP Patuha Dimulai, Geo Dipa Rangkul Kelompok Perempuan
PT Geo Dipa Energi saat menggelar sosialisasi megaproyek PLTP Patuha 2 kepada kelompok perempuan di Desa Panundaan. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Geo Dipa Energi (Persero) atau Geo Dipa merangkul sejumlah kelompok perempuan menyusul akan segera dimulainya megaproyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha 2 di Kabupaten Bandung.

Geo Dipa membuka ruang komunikasi dan partisipasi mengenai proyek PLTP Patuha 2 terhadap perwakilan kelompok perempuan di tiga desa di sekitar wilayah operasi PLTP Patuha 2. Pasalnya, kelompok perempuan dinilai sebagai salah satu elemen masyarakat yang sangat diperhatikan dalam pelaksanaan proyek.

Baca juga: Ramai Benci Produk Asing, Ini Persoalan Produk Lokal Kurang Diminati

Project Manager PT Geo Dipa Energi Patuha 2, Budi Sutrisno mengatakan, pihaknya telah menggelar kegiatan sosialisasi proyek strategis nasional PLTP Patuha 2 kepada kelompok perempuan di Desa Sugihmukti, Alamendah, dan Desa Panundaan.

Kegiatan yang digelar Rabu hingga Kamis, 3-4 Maret 2021 lalu itu dilaksanakan dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat. Seluruh peserta menjalani rapid test dan pengecekan suhu tubuh bekerja sama dengan puskesmas setempat.

Menurut Budi, dalam pelaksanaan pembangunan PLTP Patuha 2, pihaknya berupaya memahami isu gender dengan memperhatikan persoalan kesetaraan dan membangun kapasitas untuk menghadapi dampak-dampak ketidaksetaraan serta memastikan adanya keberlanjutan.

"Ketika kita berbicara mengenai kesetaraan gender, kita berbicara tentang kesamaan hukum serta kesetaraan peluang, termasuk peluang untuk mengemukakan pendapat. Kami ingin memberikan peluang yang lebih baik kepada perempuan dalam semua hal tersebut," ungkap Budi dalam keterangan resminya, Senin (8/3/2021).

Budi melanjutkan, upaya yang dilakukan pihaknya itu merupakan bagian dari target pembangunan berkelanjutan (SDG’s) pada point 5, yaitu menguatkan posisi perempuan. Selain itu, sosialisasi pun diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai proyek PLTP Patuha 2, terutama mengenai kerangka perlindungan sosial dan lingkungan.

Baca juga: Sekolah di Wilayah Zona Aman Karawang akan Belajar Secara Tatap Muka

"Sosialisasi pun dapat menumbuhkan gagasan-gagasan serta ide program yang terbarukan dari anggota kelompok perempuan di desa sekitar area proyek, agar dapat berkembang dan berdaya serta komunikasi dengan kelompok perempuan di sekitar proyek dapat berkelanjutan," kata Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)