Puluhan Massa Bersenjata Mengamuk Rusak Kantor dan Rumah Bupati Asmat serta Menjarah Ruko

loading...
Puluhan Massa Bersenjata Mengamuk Rusak Kantor dan Rumah Bupati Asmat serta Menjarah Ruko
Puluhan massa pendukung paslon nomor urut 02 yang dipimpin oleh calon Wakil Bupati nomor urut 02 Bonifasius Jakfu melakukan aksi perusakan Kantor Bupati dan Kediaman Bupati Asmat, Rabu (3/3/2021). Foto Bidhumas Polda Papua
AGATS - Puluhan massa pendukung paslon nomor urut 02 yang dipimpin oleh calon Wakil Bupati nomor urut 02 Bonifasius Jakfu melakukan aksi pengrusakan Kantor Bupati dan Kediaman Bupati Asmat , Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 12.30 WIT. Pengrusakan terjadi dipicu ketidakpuasan hasil Pilkada Asmat 2020 lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aksi perusakan terjadi usai pelantikan Virtual Bupati dan Wakil Bupati Asmat Yang dilaksanakan di Gedung Negara Jayapura.

Dimana sekitar pukul 12.28 WIT, personel yang melaksanakan pengamanan di Kantor Kominfo mendapatkan laporan dari PNS di Kantor Bupati bahwa ada masa pendukung paslon nomor urut 02 yang dipimpin oleh calon Wakil Bupati nomor urut 02 Bonifasius Jakfu yang membuat keributan karena menolak hasil Pemilukada di Kabupaten Asmat .

Kemudian pukul 12.30 WIT, personel bersama Kapolres Asmat menuju ke Kantor Bupati untuk meredahkan keributan dari massa pendukung Paslon nomor urut 02.



Baca: Dugaan Perselingkuhan dan Pengrusakan Mobil Kades di Jalur Pantura Rembang Berakhir Damai

Menurut dia, lalu personel dan Kapolres tiba di Kantor Bupati dan berusaha menenangkan massa. Namun massa tidak menerima imbauan yang diberikan Kapolres Asmat dan selanjutnya massa melanjutkan orasi tersebut ke Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat dengan dikawal oleh personel Polres Asmat.

"Setelah melakukan Orasi di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Asmat, massa kemudian kembali ke Kantor Bupati Kabupaten Asmat dan langsung melakukan tindakan anarkis dengan merusak Gedung Aula Ja Asamanam Ap Camar. anggota yang berada di tempat kejadian langsung mengambil tindakan yang terukur dengan mengeluarkan tembakan peringatan dan memukul mundur massa. Namun massa yang dipukul mundur oleh Anggota kemudian berlari menuju Kantor KPU Kabupaten Asmat dan kembali melakukan Pengerusakan," kata Kabid Humas Polda Papua.



Masyarakat yang sudah berkumpul di Sekretariat Paslon nomor urut 02 yang bertempat di Jalan Bintang laut mendengar bahwa situasi Kantor Bupati Asmat yang sudah dirusak.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top