Optimalkan Layanan Publik, Pemkab Pasuruan Rehab 4 Gedung Kecamatan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:57 WIB
loading...
Optimalkan Layanan Publik, Pemkab Pasuruan Rehab 4 Gedung Kecamatan
Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan merombak gedung empat kecamatan karena dinilai kurang layak.
A A A
PASURUAN - Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan merombak gedung empat kecamatan karena dinilai kurang layak. Jajaran yang dipimpin Bupati Irsyad Yusuf ini menganggarkan dana Rp9,6 miliar untuk merombak gedung agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, mengatakan, yang paling memprihatinkan adalah gedung Kecamatan Lumbang dan Grati. "Sudah waktunya direhab total, karena banyak yang sudah rusak,” katanya.

Empat kantor kecamatan tersebut, adalah Kecamatan Lumbang, Grati, Tutur, dan Kraton. Kondisi gedung kecamatan Grati dan Lumbang misalnya, hampir di semua bagian, terutama bagian atap gedung roboh sehingga harus diganti. Tak hanya itu, bagian dalam gedung di kecamatan tersebut juga banyak yang rusak.

Sementara untuk gedung Kecamatan Lumbang, Pemkab Pasuruan pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp3,5 miliar. Sedangkan untuk pembangunan kembali gedung Kecamatan Grati dianggarkan Rp1,5 miliar.

Hari menjelaskan, untuk Gedung Kecamatan Tutur, karena kondisi bangunan yang sudah lama akan diganti gedung baru. Pembangunan gedung baru sebagai upaya mendukung Kecamatan Tutur sebagai lokasi wisata pertanian dan alam di Kabupaten Pasuruan.

"Anggarannya pun sudah disiapkan Rp2,6 miliar. Terakhir pembangunan gedung baru Kecamatan Kraton disiapkan Rp2 miliar. Kalau untuk Kecamatan Kraton lebih pada pengembangan lanjutan. Pokoknya semuanya kita bangun dengan dua lantai,” katanya.

Sesuai rencana, pembangunan gedung baru tersebut dimulai pada awal April 2021. Estimasi waktunya juga sudah ditentukan selama 5 bulan. ”Insya Allah akan dilaunching bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan pada tanggal 18 September 2021 mendatang,” ujarnya. (*) (CM)
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)