Kawanan Gajah Sumatera Rusak Lahan Pertanian Warga di Muba

loading...
Kawanan Gajah Sumatera Rusak Lahan Pertanian Warga di Muba
Kawanan Gajah Sumatera Rusak Lahan Pertanian Warga di Muba. Foto/Era Neizma Wedya
MUBA - Seluas 1,5 hektare (ha) lahan persawahan dan perkebunan rusak akibat kawanan gajah Sumatera masuk ke area pertanian dan perkebunan warga di Desa Mulya Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kapolres Muba, AKBP Erlin Tangjaya, melalui Kapolsek Lalan Iptu Nazaruddin Bahar mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Senin (22/2/2021) sekitar pukul 22.00 WIB. Dimana dari keterangan warga terdapat 6 ekor gajah yang telihat masuk ke area pertanian tersebut. "Kawanan gajah liar itu diketahui masuk dari arah Sungai Sembilang P1 Lalan," katanya, Selasa (23/2/2021).

Kawanan gajah merusak sekitar 1,5 ha area persawahan dan sejumlah tanaman di kebun milik warga setempat. Gajah-gajah itu akhirnya dapat dihalau dengan menggunakan obor dan menjauh dari area pertanian dan pemukiman warga.

Baca juga: Jalanan Umum di Pemkab Ogan Ilir Gelap Gulita, Ada Apakah?



"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Meski begitu kerusakan terjadi di area persawahan warga," katanya.

Dijelaskan Nazaruddin, guna mengantisipasi kemungkinan konflik lanjutan petugas dari Polsek Lalan bersama warga melakukan ronda. Selain itu, petugas juga mengimba agar warga tidak melukai apalagi membunuh gajah-gajah tersebut.

Baca juga: Mahasiswi Cantik Berhijab Selamat dari Aksi Pemerkosaan usai Remas Kemaluan Pelaku



"Sudah kita sosialisasikan kepada warga, sebab gajah Sumatera termasuk satwa yang dilindungi," katanya.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top