Jet Snowbirds Jatuh dan Hantam Pohon, Satu Awaknya Tewas

Senin, 18 Mei 2020 - 14:32 WIB
loading...
Jet Snowbirds Jatuh dan Hantam Pohon, Satu Awaknya Tewas
Asap mengepul dari lokasi jatuhnya pesawat jet Snowbirds Kanada di British Columbia, Minggu (17/05/2020). Foto/Royal Canadian Air Force/Handout via REUTERS
A A A
KAMLOOPS - Sebuah pesawat jet akrobatik Snowbirds Kanada jatuh di lingkungan British Columbia pada hari Minggu saat bermanuver untuk mendukung tim medis yang memerangi pandemi Covid-19. Seorang pilot selamat setelah terlontar, dan satu awak lainnya tewas setelah menghantam pohon.

Pesawat jatuh menyebarkan puing-puing dan membakar rumah. Departemen Pertahanan Kanada mengatakan kru darurat telah merespons insiden yang terjadi di sebuah bandara di kota Kamloops, British Columbia, tersebut.

Snowbirds Kanada setara dengan Thunderbirds Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) atau pun Blue Angels Angkatan Laut AS. (Baca juga:Kashmir Desak Pakistan Serang India Secara Besar-besaran)

Menteri Kesehatan wilayah British Columbia, Adrian Dix, mengatakan satu orang dirawat di rumah sakit setelah paramedis dan ambulans udara menanggapi kecelakaan pesawat.

Kenny Hinds, warga yang tinggal di sebuah rumah di sekitar lokasi kecelakaan, mengatakan pesawat yang jatuh menghantam rumah. (Baca juga:Jet Tempur Siluman F-22 Raptor AS yang Jatuh Harganya Rp2,1 Triliun )

“Saya baru saja mulai berlari di jalan. Dan saya sampai di sana mungkin satu menit setelah itu (pesawat) jatuh dan ada beberapa warga yang memiliki selang, dan mereka mencoba untuk memadamkan api karena (pesawat) menghantam sebuah rumah," katanya, seperti dikutip CBC, Senin (18/05/2020).

"Sepertinya sebagian besar (badan pesawat) mendarat di halaman depan, tapi mungkin sayap atau sesuatu melewati atap." "Jadi ada banyak orang berlarian mencoba melihat apakah kita bisa masuk ke rumah untuk melihat apakah semua orang baik-baik saja," ujar Hinds.

Angkatan Udara Kanada (RCAF) telah mengonfirmasi insiden tragis tersebut. "RCAF telah menyadari bahwa pesawat Snowbirds Pasukan Kanada jatuh di sekitar Kamloops, British Columbia," kata RCAF di Twitter. (Baca juga:Tentara Zionis Israel Tewas setelah Kepalanya Dilempar Batu)

Sebuah surat kabar lokal, KTW, melaporkan bahwa pilot pesawat terlontar dan terlihat di atap rumah. Sedangkan awak kedua, yakni seorang perempuan terluka parah. Saksi mata mengatakan awak kedua itu tewas di tempat kejadian setelah menghantam pohon.

"Saya melihat seorang wanita yang sudah meninggal dengan luka-luka yang sangat besar," kata saksi mata, Dana Hings. “Sepertinya dia menabrak pohon. Ini gila. Ini tidak seharusnya terjadi. Ini seharusnya menjadi hal yang baik dan dia tewas," ujarnya.

Saksi mata lainnya mengatakan pesawat itu terbang menanjak sebelum tiba-tiba menukik dan melakukan roll barel. Badan pesawat terbakar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)