Kisah Makam Giriloyo, Makam Ghaib Sultan Agung

Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Tokoh Kerajaan Mataram , yang dimakamkan di sayap kanan (timur) antara lain Kiai Ageng Giring, Kiai Ageng Sentong, dan Sultan Cirebon V. Tokoh yang dimakamkan di sayap kiri (barat) antara lain Kanjeng Ratu Pembayun (istri Amangkurat), makam Kanjeng Ratu Mas Hadi (ibu Sultan Agung ), dan Kanjeng Panembahan Juminah (paman Sultan Agung ). "Meskipun tidak menjadi makam Sultan Agung. Namun di kompleks makam muncul keanehan. Yaitu hadirnya kramat tiban atau sekaran sepen," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Sekaran sepen inilah yang dipercaya makam ghaib Sultan Agung . Sebuah makam pindahan dari kompleks makam raja-raja Imogiri, kembali ke pemakaman yang dicita-citakan Sultan Agung . "Di sini juga ada batuan yang dipercaya sebagai batu Makkah, yang dilempar Sultan Agung ," ulasnya.

Baca juga: Jejak Abadi RSJ Lawang Melintasi Zaman, Melayani yang Termarjinalkan

Sebagai makam sejarah, banyak warga juga sering melakukan ziarah di lokasi ini. Hal ini termasuk keturunan raja-raja Cirebon. "Karena salah satu makam di sini ada makam Sultan Cirebon yang wafat ketika di Mataram, dan dimakamkan di sini," ujarnya.

Lokasi makam Giriloyo , juga berada di sisi utara makan raja-raja Imogiri. Untuk menuju lokasi juga harus melalui jalan di Giriloyo , kemudian naik ke tangga menuju masjid. Sebuah masjid gaya Mataram ini, dibangun oleh Sultan Agung .

Para peziarah biasanya istirahat setelah berjalan dari bawah sambil mengambil air wudlu, dan salat kemudian melanjutkan perjalanan ke atas menuju makam dengan tangga kecil, dan lokasi menanjak. Di masjid ini juga bisa diskusi dengan juru kunci dan bisa diantar menuju ke makam.
(eyt)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2580 seconds (11.252#12.26)