Jalani Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Kapolda Jatim : Vaksin Ini Aman

Jum'at, 19 Februari 2021 - 18:50 WIB
loading...
Jalani Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Kapolda Jatim : Vaksin Ini Aman
Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Gedung Negara Grahadi.
A A A
SURABAYA - Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Gedung Negara Grahadi, Jumat (19/2/2021). Saat vaksinasi, jenderal bintang dua itu didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

Selain Kapolda Jatim yang menerima vaksin COVID-19, beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim juga menjalani vaksinasi diantaranya, Dansat Brimob Kombes Pol Amostian, Dir Samapta Kombes Pol Yudi Sumartono dan Dirbinmas Kombes Pol Terr Pratiknyo.

Baca juga: Kapolda Jatim, Gubernur, dan Pangdam V Brawijaya Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

“Saya laksanakan vaksin tahap satu dua minggu lalu. Dan saya ingin sampaikan bahwa, vaksin ini aman. Pada tahap satu saya tidak merasakan efek apa-apa. Semoga yang kedua ini tidak ada hal lain (efek samping),” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta usai menjalani vaksinasi.

Dia menyatakan bahwa, Polda Jatim mendukung penuh vaksinasi sebagai bagian dari upaya penanganan COVID-19. Di Jatim, ada sebanyak 214 tenaga kesehatan (nakes) dari Polda Jatim yang sebagian besar sudah menjalani vaksinasi. Sejauh ini, dirinya tidak menerima laporan terkait efek samping yang dialami dari para nakes tersebut. “Di Jatim, ada sebanyak 42.000 anggota Polri yang menjadi sasaran vaksinasi. Semoga kalau vaksin sudah datang, semua bisa divaksin,” imbuh Nico.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi tahap satu dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) di Jatim. hampir tuntas. Kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim pun mulai gencar melakukan sosialisasi vaksinasi tahap dua untuk layanan publik. Berdasar data Dinkes Jatim per 12 Februari, total ada 4.584.802 jiwa yang tercatat sebagai data lansia dan petugas publik.

Baca juga: Puluhan Ekor Ikan Paus Mati Terdampar di Pesisir Perairan Bangkalan, Madura

“Pelaksanaan vaksinasi tahap satu dimulai sejak 14 Februari. Berdasar data tiga hari lalu, pencapaian sudah 99%. Untuk tahap satu dosis kedua juga hampir selesai,” kata Kepala Dinkes Jatim dr Herlin Ferliana.

Dia menambahkan, imunisasi tahap satu diprioritaskan bagi nakes yang memiliki risiko sangat tinggi terpapar COVID-19. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, vaksinasi akan dilanjutkan tahap dua dengan sasaran para lansia dan petugas publik.

“Imunisasi ini bertujuan menciptakan kekebalan kelompok agar bisa mencegah COVID-19. Persiapan pelaksanaan vaksinasi tahap dua terus dilakukan,” imbuhnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)