Terjangan Puting Beliung Rusak 60 Rumah, Seorang Warga Tewas

Senin, 15 Februari 2021 - 19:50 WIB
loading...
Terjangan Puting Beliung Rusak 60 Rumah, Seorang Warga Tewas
Rumah warga rusak diterjang angin puting beliung di Kecamatan Lamasi, Timur Kabupaten Luwu, Sulsel, Senin (15/2/2021). Foto/SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Terjangan angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu , Sulawesi Selatan, Senin (15/2/2021) mengakibatkan sekitar 60 rumah rusak dan 1 warga tewas.



Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu , Aminuddin Alwi menjelaskan, identitas warga yang tewas bernama Rianto (36) warga Desa Salu Pao, Kecamatan Lamasi Timur.



"Data sementara, kejadian pukul 13.50 WITA di Desa Salupao Kecamatan Lamasi Timur. Dampak bencana kurang lebih 60 rumah rusak berat, 1 korban MD (meninggal dunia)," katanya.

Dia menyatakan puluhan orang luka berat dan luka ringan. Bupati Luwu , H Basmin Mattayang telah memerintahkan untuk segera mengambil langkah penanganan darurat.

Angin puting beliung terjadi disertai hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah utara Kabupaten Luwu , Walmas. Kerusakan terparah terjadi di Desa Salu Pao, Kecamatan Lamasi Timur. Data sementara menyebutkan di kecamatan ini ada 60 rumah rusak parah akibat terjangan angin dan tertimpa pohon.

Warga yang mengalami luka akibat tertimpa pohon dan terkena material runtuhan rumah. Kepala Desa Lamasi Timur, Marthen Garanta, kepada sejumlah media menyampaikan satu warganya dinyatakan meninggal dunia dan satu dalam keadaan kritis.

"Satu warga meninggal dunia dan beberapa warga yang luka parah. Korban ada yang tertimpa pohon dan tertimpa reruntuhan bangunan," ujarnya.

Hingga malam ini, ratusan warga Kecamatan Lamasi Timur, mengungsi ke tempat yang aman. Pemkab Luwu, juga telah melakukan langkah penanganan korban dan pengungsi.

Rencananya BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Luwu akan mendirikan tenda dan dapur umum di lokasi kejadian guna menampung warga dan memenuhi kebutuhan sehari-hari warga yang menjadi korban.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)