Basmin Mattayang Paparkan Potensi Alam Luwu di Peringatan HUT Belopa

Minggu, 14 Februari 2021 - 21:49 WIB
loading...
Basmin Mattayang Paparkan Potensi Alam Luwu di Peringatan HUT Belopa
Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang menghadiri rapat paripurna DPRD Luwu dalam rangka peringatan hari jadi Kota Belopa ke-15, Sabtu (13/2/2021). Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang memaparkan potensi alam di Kabupaten Luwu saat berbicara pada peringatan hari jadi Kota Belopa sebagai ibu kota Kabupaten Luwu yang ke-15 pada Sabtu, 13 Februari 2021.

Disebutkan Basmin Mattayang , Luwu memiliki potensi alam yang cukup besar, mulai dari sektor pertambangan, pertanian, kehutanan, perkebunan, peternakan hingga perikanan dan kelautan yang terbentang luas.

Baca juga: Kajari Luwu Komitmen Penegakan Hukum Bersih dari KKN

"Sektor pertambangan Kabupaten Luwu memiliki kandungan besi, emas, mika, galena, batu bara dan tembaga. Depositnya ada di Kecamatan Bastem, Bastem Utara, Latimojong dan Walenrang," sebutnya.

"Sektor pariwisata Kabupaten Luwu memiliki banyak destinasi wisata antara lain, alam laut Buntu Matabbing, Ponnori, Pantai Maminta, Lapandoso, Air Terjun Sarambu Masiang, Air Terjun Gamaru Latimojong, Air Terjun Gandang Batu, Gua Ilan Batu, Gua Andulan, dan masih banyak lagi potensi lainnya," lanjutnya.

Kemudian kata Bupati Luwu , dua periode ini, sektor pertanian Kabupaten Luwu memiliki luas area persawahan di Kabupaten Luwu 33.330 hektare. "Ini tentu potensi besar yang akan menunjang Luwu untuk menjadi daerah penghasil beras terbesar di Sulsel dan menjadikan Luwu, bahkan Sulsel sebagai daerah swasembada pangan ," katanya.

Sektor perikanan dan kelautan, terdapat potensi perkembangan udang windu, bandeng, rumput laut, berbagai jenis ikan laut dengan kualitas ekspor maupun sekadar untuk dikonsumsi masyarakat.

Baca juga: Jelang Paripurna HUT Kota Belopa, 35 Anggota DPRD Luwu Jalani Swab Test

Ia melanjutkan, Kabupaten Luwu menjanjikan masa depan yang cerah bagi masyarakatnya. Luwu dengan berbagai jenis ragam kekayaan alamnya akan membangkitkan motivasi yang tinggi untuk membangun dan menciptakan hari ini lebih baik dari hari sebelumnya.

"Untuk dinikmati generasi sekarang dan yang akan datang secara berlanjut dari generasi ke generasi. Itulah sebabnya pembangunan Kabupaten Luwu yang sedang dan akan kita laksanakan adalah pembangunan yang berwawasan lingkungan," lanjutya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1931 seconds (10.177#12.26)