Akses Jalan Aspal ke Bandara Arung Palakka Bone Dituntaskan Tahun Ini

Minggu, 14 Februari 2021 - 16:16 WIB
loading...
Akses Jalan Aspal ke Bandara Arung Palakka Bone Dituntaskan Tahun Ini
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menuntaskan pengaspalan akses jalan menuju Bandara Arung Palakka menggunakan APBD Sulsel Tahun Anggaran 2021 ini. Foto/Ist
A A A
BONE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menuntaskan pengaspalan akses jalan menuju Bandara Arung Palakka menggunakan APBD Sulsel Tahun Anggaran 2021 ini.


"Saya kira yang penting akses jalan masuk dan perpanjangan runway. Tahun ini kita selesaikan jalan masuk menuju Bandara Arung Palakka, dan kita bikin dua jalur," kata Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah di Terminal Bandara Arung Palakka, Minggu (14/2/2021).



Pembangunan jalan baru tersebut, lanjut Nurdin, merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone. Pemkab Bone menyelesaikan pembebasan lahan, dan Pemprov menanggung anggaran pengaspalan. Jalan ini berdasarkan DED dari Dinas PUTR Sulsel disediakan sebesar Rp24 miliar, lebar 7 meter dengan panjang 2 kilometer.

"Ini sebenarnya tinggal dipoles sedikit, yang pertama adalah akses jalan masuk. Akses jalan masuk, sudah di ambil alih pemerintah provinsi. Provinsi akan anggarkan, terus yang kedua nanti saya akan bicarakan sama Menhub supaya perpanjangan runway," jelasnya.

Ia mengaku, untuk perpanjangan runway-nya akan dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan bersama Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Baitul Ihwan.

"Saya kira ini sangat penting, paling penting lagi Bone ini adalah daerah yang sangat potensial. Ini salah satu penyangga untuk Sulawesi Tenggara, sehingga kita butuh akses yang lebih cepat," katanya.

Menurut Nurdin, saat ini terminal dan fasilitas lain sudah cukup. Tapi memang yang harus diutamakan adalah akses jalan dan runway-nya yang harus diprioritaskan. Pasalnya, banyak masyarakat Bone di luar Bone membutuhkan akses cepat seperti pesawat. Apalagi saat ini Pemprov Sulsel memberikan subsidi harga tiket untuk penerbangan dalam provinsi, seperti ke Luwu Raya dan Selayar.

"Bone ini memiliki penduduk terbesar setelah Makassar dan banyak orang-orang Bone ada di Kalimantan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan sebagainya. Kita fokus membangun konektivitas, kebetulan Sulawesi Selatan ini ada beberapa bandara sudah terbangun, termasuk Bandara Arung Palakka ini, Bandara Buntu Kunik Toraja, Bandara Bua Luwu, dan Bandara Selayar," urainya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Otoritas Bandara (Kaotban) Wilayah V Makassar, Baitul Ikhwan menambahkan, panjang runway Bandara Arung Palakka ini sudah 1.200 meter, dan untuk saat ini baru bisa melayani pesawat perintis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)