Diserbu Anak Muda Jabar, Program Petani Milenial Berikan Seabrek Fasilitas Bantuan

Jum'at, 12 Februari 2021 - 13:05 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan hasil survei pertanian antar sensus (sutas) 2018 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah petani di Jabar saat ini mencapai 3.250.825 orang.

"Dari jumlah tersebut, petani yang berusia 25-44 tahun hanya 945.574 orang atau 29 persen. Kondisi tersebut tentu memberikan efek domino bagi sektor pertanian di Jabar," katanya.

Benny berharap, program Petani Milenial Juara dapat menarik minat generasi milenial untuk membawa perubahan pada sektor pertanian masa depan. Selain untuk menarik minat generasi milenial, program Petani Milenial Juara juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan muda pertanian di Jabar.

"Kami ingin menciptakan pertanian maju, mandiri, dan modern. Kemudian, program tersebut diharapkan dapat mengurangi masalah pengangguran sekaligus mengubah wajah pertanian menjadi pertanian modern dan berbasis teknologi," tegas Benny.

Baca juga: Animo Tinggi, Anak Muda Jabar Ramai-ramai Daftar Program Petani Milenial

Ditambahkan Benny, program Petani Milenial Juara tidak hanya mencakup bidang pertanian, melainkan juga peternakan, perikanan, dan perkebunan.

"Komoditas akan sangat variatif. Untuk pertanian, mulai dari jagung, jahe, ubi-ubian, sampai tanaman holtikultura. Di sektor perkebunan adalah serahwangi. Kemudian, madu dan jamur tiram. Selain itu, budidaya penggemukan domba, ayam boiler, ayam petelur dan ternak puyuh. Sedangkan di sektor perikanan yakni budidaya ikan tawar lewat kolam plastik," tandas Benny.

Baca juga: Pacu Pemulihan Ekonomi, Disperkim Jabar Renovasi 31.500 Rutilahu Senilai Rp560 Miliar

Diketahui, program Petani Milenial Juara yang digulirkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil disambut antusias para anak muda di Jabar. Ribuan calon petani milenial pun ramai-ramai mendaftarkan diri dalam program tersebut.

Dua pekan lebih sejak pertama kali digaungkan Ridwan Kamil, sedikitnya 6.000 calon petani milenial telah mendaftar melalui situs https://petanimilenial.jabarprov.go.id/. Ridwan Kamil sendiri menargetkan, 5.000 anak muda Jabar bergabung dalam program tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)