Pembersihan Material Tanah Longsor Selesai, Jalur Wonosobo - Dieng Normal Lagi

Rabu, 10 Februari 2021 - 22:26 WIB
loading...
Pembersihan Material Tanah Longsor Selesai, Jalur Wonosobo - Dieng Normal Lagi
Kendaraan bermotor antre melintasi lokasi tanah longsor di jalan raya Wonosobo - Dieng, tepatnya di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Rabu (10/2/2021). Foto/Ist
A A A
WONOSOBO - Tanah longsor yang menutup median jalur Wonosobo - Dieng, tepatnya di wilayah Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Rabu (10/2/2021) petang mengakibatkan akses jalan macet total selama enam jam lebih.

Jalan tersebut baru bisa dilewati kendaraan bermotor setelah pembersihan material selesai dan jalan dinyatakan aman. Pembersihan tanah yang menutup median jalan dilakukan selama sekitar lima jam.

Baca juga: Jalur Wonosobo-Dieng Tertimbun Longsor, Arus Lalu Lintas Macet Total

Kini arus lalu lintas normal kembali. Meski demikian, pengguna jalan diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintasi jalur Wonosobo - Dieng, khususnya di daerah rawan tanah longsor dan kecelakaan lalu lintas, terlebih saat turun hujan.

Informasi yang dihimpun wartawan menyebutkan, tebing setinggi sekitar 15 meter yang berada di jalur Wonosobo - Dieng Km 2,4 longsor. Material tanah longsor menutupi median jalan. Akibatnya, arus lalu lintas macet total lantaran jalan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material dalam kejadian bencana alam ini. Hanya, arus lalu lintas lumpuh dalam beberapa waktu. "Tanah longsor menutup jalan, sehingga mobil dan motor tidak bisa lewat. Mobil mengular hingga beberapa kilometer di dua arah," kata Rozaq (29), warga Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar.

Baca juga: Hujan Deras, Batu Besar di Tebing Prambanan Longsor Timpa Rumah

Sementara itu, BPBD Kabupaten Wonosobo menerjunkan sejumlah personil dan alat berat serta truk tangki air dalam melakukan penanganan. Pembersihan material tanah longsor sepanjang 20 meter dengan ketinggian lima mater memakan waktu selama sekitar lima jam. Kini jalan telah dibuka dan arus lalu lintas sudah normal.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)