Brimob Polda Jabar Bantu Warga Cicalengka Atasi Tanah Longsor

Jum'at, 29 Januari 2021 - 06:33 WIB
loading...
Brimob Polda Jabar Bantu Warga Cicalengka Atasi Tanah Longsor
Brimob Polda Jabar Bantu Warga Cicalengka Atasi Tanah Longsor. Foto/MPI/Agus
A A A
BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Raya hampir setiap hari menyebabkan tanah longsor menerjang, Kampung Babakan, Desa Cicalengka Kulon, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meski tak menimbulkan korban, tetapi material longsor menutup Jalan Darham. Lumpur menutup jalan sepanjang sekitar 100 meter. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan, baik motor maupun mobil.

Tim search and rescue (SAR) Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar yang mendapat kabar terjadi longsor di Cicalengka tersebut, langsung meluncur kelokasi kejadian dengan membawa peralatan cangkul, skop, dan sebagainya.

Selain itu, personel Brimob Polda Jabar juga berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran untuk mengerahkan armada penyemprot air untuk membersihkan jalan.

Setiba di lokasi kejadian, Tim SAR Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dan Kompi 1 Batalyon A Pelopor, langsung bersama-sama masyarakat melakukan pembersihan jalan dari lumpur dan juga menyingkirkan batu-batu dan rumpun bambu yang ikut tumbang lalu terseret menutup jalan, Kamis (28/1/2021)

Setelah kurang lebih 1 jam bersama masyarakat membersihkan jalan dari lumpur, Jalan Darham kembali dapat dilalui kendaraan.

"Membantu masyarakat sudah menjadi tugas dan kewajiban kami sebagai anggota Brimob," kata Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol Yuri Karsono.

Kombes Pol Yuri mengemukakan, personel Brimob Polda Jabar harus selalu siap siaga mengahadapi kemungkinan bencana alam. Negara harus hadir saat terjadi bencana.

Baca juga: Pemkot Bandung Bantah Ada Jenazah Pasien COVID-19 yang Ditelantarkan di TPU Cikadut

"Semoga dengan kehadiran kami, masyarakat merasa terbantu. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat seperti Moto Korps Brimob Polri, "Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan"," ujarnya.

Baca juga: Hilang 6 Hari, Nenek Empi Ditemukan Tak Bernyawa di Bendungan Manganti

Dansat Brimob Polda Jabar menuturkan, kegiatan SAR ini merupakan salah satu bentuk bakti Sat Brimob Polda Jabar dalam upaya menghadirkan negara di tengah masyarakat.

"Ini wujud bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat," tutur Dansat Brimob Polda Jabar.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)