Jerinx SID Divonis Lebih Ringan di PT, Jaksa Resmi Ajukan Memori Kasasi

Rabu, 10 Februari 2021 - 14:30 WIB
loading...
Jerinx SID Divonis Lebih Ringan di PT, Jaksa Resmi Ajukan Memori Kasasi
Jaksa penuntut umum menyerahkan memori kasasi kasus ujaran kebencian Jerinx SID yang divonis lebih ringan di Pengadilan Tinggi Denpasar yakni 10 bulan penjara. Foto I Gede Ary Astina atau Jerinx SID. Foto/iNews.id
A A A
DENPASAR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyerahkan memori kasasi kasus ujaran kebencian Jerinx SID yang menyebut IDI sebagai kacung WHO. JPU menepis anggapan bahwa kasasi yang diajukan ini sebagai bentuk rasa kecewa di tingkat banding yang mengurangi hukuman Jerinx SID yang bernama lengkap I Gede Ary Astina.


“Jangan dimaknai memori banding yang diajukan ini sebagai bentuk pembalasan atas terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx,” kata Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali, A Luga Harlianto, Rabu (10/2/2021).



Dia menjelaskan, pengajuan kasasi yang telah diserahkan, Selasa (9/2/2021) tersebut telah diatur dan pelaksanaannya sesuai pasal 248 KUHAP, yang menyebutkan pemohon wajib mengajukan memori kasasi dalam waktu 14 hari setelah permohonan diajukan.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada majelis hakim kasasi di Mahkamah Agung, untuk mempertimbangkannya. Yang jelas ada alasan mengapa kami merasa pidana 10 bulan penjara, belum dapat diterima sehingga menggunakan upaya hukum kasasi,” katanya.

Memori kasasi ini diajukan setelah putusan Pengadilan Tinggi Denpasar Nomor 72/Pid.Sud/2020/PT Dps, tanggal 14 Januari 2021 mengurangi hukuman drummer grup musik Superman is Dead (SID) ini menjadi 10 bulan penjara dan denda 10 juta rupiah subsidair satu bulan penjara.

Sebelumnya dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Jerinx SID dinyatakan bersalah karena menyebarkan ujaran kebencian yang menyebut IDI sebagai kacung WHO di akun medsosnya. Majelis hakim menjatuhkan vonis 14 bulan penjara dan denda Rp10 juta kepada Jerinx SID.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3080 seconds (0.1#10.140)