Semburan Materail Vulkanik Erupsi Raung Capai 2.000 Meter, Bandara Ditutup Total

loading...
Semburan Materail Vulkanik Erupsi Raung Capai 2.000 Meter, Bandara Ditutup Total
Semburan material vulkanik Gunung Raung, mencapai ketinggian 2.000 meter dari bibir kawah, Senin (8/2/2021). Foto/iNews TV/Eris Utomo
BANYUWANGI - Aktivitas vulkanik Gunung Raung , di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus mengalami peningkatan. Semburan abu vulkanik mencapai ketinggian 2.000 meter dari bibir kawah, mengarah ke timur dan tenggara, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Terpapar Abu Vulkanik Gunung Raung, Bandara Internasional Banyuwangi Ditutup

Kondisi ini membuat 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Banyuwangi, diguyur hujan abu dengan intensitas tinggi. Sejak Minggu (7/2/2021) malam, gunung api yang berada diperbatasan Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso, menunjukan peningkatan aktivitas vulkanik.



Semburan material abu vulkanik berwarna hitam kecoklatan membumbung tinggi, disertai dengan suara gemuruh , dan pantulan cahaya api di kawah Gunung Raung terlihat jelas utamanya pada malam hari. Baca juga: Gresik Gempar, Istri Muda Seksi Babak Belur Gara-gara Menolak Bersetubuh



Tercatat dalam enam jam terakhir, peningkatan aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, ditandai dengan terjadinya gempa tremor secara terus-menerus, dengan amplitudo 6-16 mm.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Raung , Mukijo menyebutkan, meskipun ada peningkatan aktivitas vulkanik, namun hingga kini Gunung Raung masih berstatus waspada atau level dua. "Warga dilarang beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah, dan aktivitas pendakian dihentikan," tegasnya.

Baca juga: Dramatis, Dalam Kondisi Dirantai Ratusan Napi Dievakuasi Akibat Sel Tahanannya Kebanjiran

Semburan material vulkanik yang condong ke arah timur dan tenggara, mengakibatkan hujan abu di wilayah Kecamatan Wongsorejo, Kecamatan Kalipuro, Kecamatan Giri, Kecamatan Licin, Kecamatan Glagah, Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Kabat, Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Blibingsari, Kecamatan Singojuruh, Kecamatan Sempu, dan Kecamatan Songgon.

Tingginya intensitas hujan abu tersebut, juga berdampak terhadap dunia penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi. Sejak Senin (8/2/2021) pagi, terdapat tujuh jadwal penerbangan yang dibatalkan. Baca juga: Gugat Ayah Kandungnya yang Sudah Renta Rp3 M, Kini Deden Urus Sendiri Upaya Perdamaian
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top