Monumen Sangkur Komando Segera Dibangun di Puncak Gunung Geopark Pongkor

Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:30 WIB
loading...
Monumen Sangkur Komando Segera Dibangun di Puncak Gunung Geopark Pongkor
Salah satu sudut kawasan Geopark Pongkor di Kabupaten Bogor. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Sebuah monumen berbentuk sangkur komando bakal segera dibangun di Puncak Lalana, Gunung Karst, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kehadiran monumen fenomenal tersebut diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam sekitar monumen yang merupakan bagian dari Geopark Pongkor.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Dedi Taufik menyatakan, pihaknya mendukung rencana pembangunan Monumen Sangkur Komando di kawasan geopark yang juga dikenal sebagai wilayah pertambangan itu.

Dedi mengaku, telah melakukan pembahasan teknis terkait pembangunan monumen bersama Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Mohammad Hasan, Kamis (4/2/2021) kemarin.

"(wilayah) Ciampea ini bagian dari kawasan Geopark Pongkor seluas 131.000 hektare dan memiliki keindahan alam yang potensial," ujar Dedi di Bandung, Jumat (5/2/2021).

Meski demikian, kata Dedi, ada beberapa catatan yang harus dikolaborasikan dan dirancang, agar kehadiran monumen tidak mengganggu bebatuan di Puncak Lalana yang umurnya diperkirakan sudah jutaan tahun.

Baca juga: Catatan Ekonomi Jabar 2020, BPS Sebut Diwarnai PHK Massal hingga Penurunan Wisman

"Harapannya, mudah-mudahan kolaborasi dan sinegritas yang digagas Pak Danjen ini sudah bersatu dengan sistem pentahelix. Tinggal kita dari sisi regulasi dan teknis, kita harus support," katanya.

Sementara itu, Danjen Kopassus, Mohammad Hasan mengatakan bahwa potensi wisata di Ciampea sangat besar. Dia juga berharap, potensi pariwisata di Kabupaten Bogor berkembang seiring berdirinya monumen, sehingga dapat dinikmati banyak orang.

Baca juga: Kanker Payudara Penyebab Kematian Tertinggi di Bandung

"Ini tentunya diharapkan bisa membantu Kabupaten Bogor dalam pengembangan pariwisatanya dan Jawa Barat pada umumnya, sehingga kita mempunyai beberapa tempat yang bisa menghasilkan dampak ekonomi pada masyarakat serta memberikan keindahan pada semuanya," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)