Tahun 2021, Polimedia Kreatif Siap Tampung 2.176 Mahasiswa

Kamis, 04 Februari 2021 - 19:28 WIB
loading...
Tahun 2021, Polimedia Kreatif Siap Tampung 2.176 Mahasiswa
Tahun 2021, Polimedia Kreatif Siap Tampung 2.176 Mahasiswa. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia Kreatif) pada tahun 2021 ini membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk 14 Program Studi dengan jenjang S1 Terapan/Diploma 4 (D4) dan Diploma 3 (D3). Ke-14 program studi tersebut terbagi dalam empat jurusan, di antaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata.

“Saat ini Polimedia memiliki tiga kampus. Yakni Kampus Utama di Jakarta, Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur,” kata Direktur Polimedia Dr Purnomo Ananto di Yogyakarta saat konferensi pers secara virtual dengan topik pembahasan mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Polimedia Tahun Akademik 2021/2022, Kamis (4/1/2021). (Baca juga: Polimedia Kreatif Siap Jadi Kampus Merdeka Menuju PTN Otonom )

Selain diikuti secara virtual Direktur Polimedia, konferensi pers ini juga diikuti Wakil Direktur (Wadir) Bidang Akademik Dr Benget Simamora, Wadir Bidang Umum dan Keuangan Nasrudin, Wadir Bidang Kemahasiswaan Dayu Sri Herti, Kepala Jurusan (Kajur) Teknik Grafika A Sarmada, Kajur Penerbitan Nova Darmanto, Kajur Desain Hafid Setyo Hadi, dan Kajur Pariwisata Anindita Budi Astuti. (Baca juga: Skema Jalur Penerimaan Mahasiswa Politeknik Terbagi 3 )

Menurut Purnomo Ananto, Polimedia kreatif pada tahun ajaran 2021 membuka penerimaan sebanyak 2.176 mahasiswa, jumlahnya meningkat dibandingkan penerimaan mahasiswa tahun 2020 sebanyak 1.986 mahasiswa.

Jalur penerimaan yang dibuka diseleksi secara nasional, untuk S1 Terapan/D4 melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Sedangkan untuk D3 melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang diselenggarakan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI),” jelas dia.

Selain melalui jalur nasional, kata Purnomo, Polimedia juga membuka untuk Ujian Mandiri untuk memenuhi kuota mahasiswa baru. Iklim pendidikan nasional yang berbeda saat ini menimbulkan adanya perubahan-perubahan kebijakan.

“Polimedia sebagai lembaga perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini dalam proses penerapan kebijakan Kampus Merdeka: Merdeka Belajar yang memberikan opsi dan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, menuntut respon yang cepat dan tepat bagi pengelola perguruan tinggi dalam menyesuaikan kurikulum berbasis industri,” jelas dia.

Dia menegaskan, Polimedia berfokus pada pendidikan vokasi berbasis produksi dan wirausaha. Hal ini diwujudkan dengan menerapkan kurikulum yang berorientasi pada produksi.

Lulusan Polimedia tidak hanya dibekali dengan ijazah sama, namun juga dengan sertifikat kompetensi yang sudah standarisasi BNSP. Selain itu memberikan kesempatan yang besar agar mahasiswa dan lulusan untuk berwirausaha dan diharapkan dapat membuka banyak lapangan kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6184 seconds (0.1#10.140)