Diduga Keracunan Makanan Katering, Sejumlah Mahasiswa Vokasi Undip Dilarikan ke RS

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 06:41 WIB
loading...
Diduga Keracunan Makanan...
Ilustrasi keracunan makanan. Foto/Dok.Sindonews
A A A
SEMARANG - Sejumlah mahasiswa baru dari Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dilaporkan mengalami keracunan yang diduga disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi. Akibatnya, beberapa mahasiswa harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami diare hebat.

Kepala Bidang Sosial dan Politik BEM Sekolah Vokasi Undip, Hanendito Bagas, mengungkapkan bahwa informasi mengenai keracunan tersebut baru diterima pada Kamis pagi (15/8/2024). "Presentase pastinya belum kami ketahui, karena infonya baru kami terima pagi tadi," ujar Hanendito saat ditemui wartawan.

Hanendito membenarkan bahwa banyak mahasiswa yang mengeluhkan diare, berasal dari berbagai jurusan di Sekolah Vokasi. Menurutnya, ada perubahan menu makanan dari katering sebelumnya menjadi makanan cepat saji yang disediakan oleh Hoka Bento.

“Yang kemarin itu katering, sekarang sudah diganti dengan makanan dari Hoka Bento,” jelasnya.



Kejadian keracunan ini terjadi saat para mahasiswa baru mengikuti kegiatan pendidikan karakter yang berlangsung sejak Rabu (14/8/2024) di Kampus Erlangga, Semarang. Pada hari kedua kegiatan tersebut, sejumlah mahasiswa mengeluhkan gejala diare dan segera dilarikan ke RS Roemani, yang berlokasi tak jauh dari Kampus Pleburan.

“Katanya mayoritas yang terkena adalah teman-teman dari Sekolah Vokasi, tapi kami belum tahu pasti jumlah yang masuk rumah sakit,” tambah Hanendito.

Saat ini, pihak BEM Sekolah Vokasi tengah mengumpulkan data dan mencari informasi lebih lanjut mengenai penyebab pasti keracunan tersebut. Dugaan awal menunjukkan bahwa makanan katering berupa nasi ayam yang disajikan pada waktu makan siang mungkin menjadi penyebabnya.

“Kami juga merasa ada yang janggal dengan kejadian ini, apalagi ini terjadi di perguruan tinggi sekelas Undip. Bagaimana bisa terjadi kelalaian yang menyebabkan banyak orang terkena diare?” ujar Hanendito dengan nada khawatir.

Menurut informasi dari akun Instagram resmi Sekolah Vokasi Undip, rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) berlangsung sejak 7 hingga 18 Agustus 2024. Kegiatan ini mencakup upacara PMB, Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), serta pendidikan karakter yang dilaksanakan di Kampus Tembalang dan Kampus Erlangga.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)