Fasilitas RS Khusus COVID-19 di Area Cito Mewah, Ini Penampakannya

Jum'at, 29 Januari 2021 - 10:38 WIB
loading...
Fasilitas RS Khusus COVID-19 di Area Cito Mewah, Ini Penampakannya
Fasilitas RS khusus COVID-19 di City of Tomorrow (Cito) bersih dan layak untuk dijadikan tempat perawatan pasien. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Warga Surabaya dan sekitarnya mengenal City Of Tomorrow (Cito) sebagai mal mewah yang berada di pintu masuk Kota Pahlawan. Mal yang berada tepat di perbatasan Surabaya-Sidoarjo.

Keberadaan rumah sakit khusus COVID-19 di area Cito cukup strategis. Lokasinya yang membentang di arah ke Mojokerto dan Sidoarjo itu bisa menjadi alternatif yang ideal untuk penanganan COVID-19.



Sampai hari ini, Jumat (29/1/2021) setidaknya sudah disiapkan kamar dengan single bed sebanyak 105 unit. Area Cito memang luas, selain mal juga ada apartemen, perkantoran serta kampus. Kapasitas kamar di rumah sakit ini masih dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan ke depannya.



Dengan bangunan yang masih tersedia, kapasitas rumah sakit khusus COVID-19 nantinya bisa sampai 186 unit. Termasuk juga delapan ICU yang kini sudah disiapkan bisa ditambah sampai 16 ICU.

Kamat perawatan yang disiapkan juga terlihat mewah. Mulai dari pintu, dinding sampai setup ruangan yang bisa membuat percepatan perawatan pasien. Lorong yang digunakan juga luas yang nantinya bisa memudahkan sirkulasi orang ketika berobat maupun dokter yang sedang mengobati.

Penataan pintu masuk dan keluar juga mulai diatur. Sehingga tidak ada interaksi antara orang yang mau masuk ke rumah sakit dengan mereka yang mau masuk ke mal. Sehingga keberadaan rumah sakit bisa berfungsi optimal.

Direktur Siloam Hospital Group, Dr Anang Prayudi menuturkan, pihaknya optimistis rumah sakit COVID-19 ini dapat memenuhi syarat dan prosedur baik secara medis maupun bangunan. Bahkan, pihak pengelola menargetkan rumah sakit ini jika sudah diizinkan dapat segera beroperasi pada 18 Februari mendatang.

"Kita akan mendukung pemerintah kota, kami harapkan kita bisa bekerja sama support pemerintah menyediakan (rumah sakit) ini sebagai bagian dari pencegahan dan penanganan pasien COVID-19," katanya.

Saat ini, pihaknya mengaku masih memanfaatkan tiga lantai untuk kebutuhan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di rumah sakit. Jumlah itu akan ditambah ketika ke depannya kebutuhan kamar untuk pasien COVID-19 masih dibutuhkan, ia menyatakan akan menambah di lantai atasnya. Sementara untuk tenaga kesehatan yang saat ini tengah disiapkan berjumlah 96 orang.

"Saat ini yang digunakan tiga lantai.kalau masih kurang, nanti ada ruangan yang siap. karena tinggal menduplikasikan ke lantai atas-atas itu," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)