Bangkit di Tengah Pandemi, Pengusaha Kos Ini Dirikan Warung Digital

Selasa, 26 Januari 2021 - 03:00 WIB
loading...
Bangkit di Tengah Pandemi, Pengusaha Kos Ini Dirikan Warung Digital
Nurul Alifah, pemilik Toko SRC Tiara 46 terletak di Jln. Padmosusastro Surabaya. Foto/Dok Pribadi
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 memang melemahkan segala sektor usaha, termasuk pengusaha kos-kosan. Hal itu dialami oleh Nurul Alifah (52).

Sejak tahun 2000, penghasilan dari menyewakan kamar kos sebenarnya sudah cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Namun, Nurul tidak bisa hanya diam menunggu hasilnya. Pada 2015, Nurul menyulap bagian bawah rumahnya untuk digunakan sebagai toko kelontong moderen.

Langkah ini dilakukan untuk mengisi waktu luangnya di masa tua. Toko dengan nama Toko SRC Tiara 46 terletak di Padmosusastro, Surabaya.

Sayangnya usahanya terdampak oleh pandemi. Kamar kost yang biasanya penuh tersewa, kini sepi karena banyak orang yang kembali ke rumahnya dengan berbagai macam alasan. Beruntung masih ada usaha warung yang ia digitalisasi di tengah pandemi untuk mencari rezeki.

“Pada Juni 2020 saya bergabung menjadi mitra merchant GrabMart karena saya berpikir digitalisasi akan membantu saya menjangkau lebih banyak pelanggan dan bisa menjual lebih banyak barang. Sejak bisa berjualan secara online, saya tetap bisa membantu suami memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan anak-anak. Selain itu, saya juga bisa merenovasi toko menjadi lebih besar,” katanya.

Nurul mengaku, saat ini ia sangat terbantu dengan fitur dalam aplikasi GrabMerchant yang mudah digunakan. Bahkan ia juga bisa langsung membeli barang-barang yang habis di toko langsung dalam aplikasi.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menuturkan bahwa ditengah berbagai situasi yang menantang, kesempatan selalu ada bagi mereka yang mau #TerusUsaha.

Karenanya, Grab terus berkomitmen untuk menyediakan platform yang inklusif guna memastikan semua orang, tak terkecuali lansia, penyandang disabilitas dan mantan narapidana, bisa mandiri dalam era ekonomi digital melalui teknologi Grab.

"Selain teknologi dari platform Grab yang dapat digunakan untuk memulai usaha, program #TerusUsaha Akselerator Batch 2 ini kami hadirkan untuk memberikan pendampingan, pelatihan, serta konsultasi bagi ratusan UMKM, guna meningkatkan kompetensi mereka, agar mereka dapat bersaing di tengah era digital," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)