Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi

Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A


Pada awalnya Nyi Gadung Melati tunggal bersama anak semata Wayangnya Nini Kelabang Retno. Anaknya pun meminta ibunya membuatkan taman yang asri. Namun karena gersang dia pun membuat sayembara, barang siapa bisa membuat aliran air dan membuat asri pekarangannya, maka akan diambil menjadi menantu untuk anaknya yang sangat cantik, Nini Klabang Retno.

Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi


Akhirnya datang Ki Ageng Sukuh dan mampu melaksanakan tugas. Namun sayang Nyi Gadung Melati ini ingkar janji lantaran melihat ki Ageng Sukuh sudah tua. Ki Ageng Sukuh pun menjadi murka setelah daya upaya dilakukan namun Nyi Gadung Melati ingkar. Akhirnya ki Ageng Sukuh mengutuknya menjadi patung.

Namun banyak warga mengatakan bahwa Nyi Gadung Mlati masih di sekitar Merapi meskipun tidak terlihat. Bahkan mitos Nyai Gadung Melati ini juga tersimpan dalam bentuk lukisan di Museum Vulkanologi.



Salah satu pelaku spiritual Ki Sumiran mengatakan, Nyai Gadung Melati menjadi bagian dari Merapi dan kerajaan Mataram. Hal ini diperkuat dengan sesajen Labuhan yangrutin digelar Keraton Yogyakarta juga menempatkan semekan Gadung Melati.

Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi


“Ini memang mitos, namun banyak keyakinan pelaku spiritual Jawa yang mengakui keberadaan Nyi Gadung Melati. Sekilas memang seperti Nyi Roro Kidul namun berbeda, dia juga sering mengenakan kemben warna hijau,” tuturnya.

Dilanjutkannya, cerita Gadung Melati ini banyak di sekitar Merapi dan juga bagian wilayah Kerajaan Mataram. Namun semua bermuara di antara Merapi dan kerajaan Mataram. Bahkan cerita Desa Wonosari juga berkaitan dengan Gadung Melati. “Di sana ada kampung namanya Gadung Sari. Ini ada cerita terkait Gadung Melati juga,” pungkasnya. Suharjono
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0116 seconds (0.1#10.140)