Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi

Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi
Warga mengungsi ke tempat yang lebih aman saat gunung merapi meletus. Foto: Dok/SINDONews
A A A

Keberadaan Gunung Merapi menjadi bagian dari warga lereng di empat kabupaten di DIY dan Jawa tengah. Di balik erupsi yang sering terjadi, Gunung Merapi selalu memberikan manfaat bagi warga sekitar dengan kesuburan tanahnya.

Sangat wajar jika warga di lereng Merapi enggan pindah meskipun terkadang bahaya mengancam mereka. Kepercayaan bahwa Merapi tidak pernah ingkar janji dan selalu memberikan tanda, menjadikan warga sangat damai berada di lereng gunung api teraktif di Indonesia itu.



Di balik kenyamanan tersebut, warga juga percaya ada yang menunggu gunung tersebut. Salah satunya adalah Nyi Gadung Melati. Sosok perempuan cantik yang sudah janda inilah yang dipercaya memberikan kesuburan dan alam yang hijau di lereng Merapi.

Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi


Nyai Gadung Melati, tokoh ini menurut kepercayaan Jawa memiliki tugas memelihara kehijauan tanaman Merapi. Selain Nyi Gadung Melati, di puncak Merapi juga dipercaya ada sebuah Keraton yang mirip dengan keraton Mataram, sehingga ada yang mengatur hirarki pemerintahan. Keraton Merapi itu menurut kepercayaan masyarakat setempat diperintah oleh kakak beradik yaitu Empu Rama dan Empu Permadi.



Seperti halnya pemerintahan sebagai Kepala Negara (Empu Rama dan Empu Permadi) melimpahkan kekuasaannya kepada Kyai Sapu Jagad yang bertugas mengatur keadaan alam Gunung Merapi. Berikutnya ada juga Nyai Gadung Melati, tokoh ini bertugas memelihara kehijauan tanaman Merapi. Ada Kartadimeja yang bertugas memelihara ternak keraton dan sebagai komando pasukan makhluk halus.

Kisah Gunung Merapi dan Nyi Gadung Melati, Janda Cantik Penjaga Gerbang Merapi


Kartadimeja juga tokoh yang disukai penduduk, karena acapkali memberi tahu kapan Merapi akan meletus dan apa yang harus dilakukan penduduk untuk menyelamatkan diri. Sementara, Nyi Gadung Melati juga dipercaya menunggu gunung Wutoh yang berada di bawah Merapi. Gunung Wutoh ini juga dipercaya sebagai pintu masuk Keraton Merapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)