BMKG Tetapkan Provinsi Kepulauan Babel Status Siaga

Rabu, 13 Januari 2021 - 22:52 WIB
loading...
BMKG Tetapkan Provinsi Kepulauan Babel Status Siaga
Suasana banjir yang merendam Kota Pangkalpinang (Foto: iNews.id/Haryanto)
A A A
PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam kondisi siaga pada, Rabu (13/1/2021). Penetapan kondisi siaga ini setelah terjadinya bencana banjir, banjir rob, dan genangan air di beberapa wilayah di Babel.

Hal ini disebabkan hujan turun dengan intensitas dan durasi yang cukup lama. Kondisi ini diperparah dengan keadaan air laut yang sedang pasang. Akibatnya, terjadi banjir rob di wilayah pesisir pantai. Baca juga: Algafry Rahman Gantikan Almarhum Ibnu Saleh sebagai Cabup Bangka Tengah

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa menjelaskan, kerusakan paling parah terdapat di pesisir pantai. “Kerusakan yang paling parah di daerah bibir pantai seperti Pantai Pasir Padi, Teluk Limau ada rumah yang rusak, serta di Tanjung Pendam terdapat sekitar 200 rumah yang rusak,” kata Mikron.

BPBD Babe l sudah mulai menginventarisir kerugian yang dialami oleh korban banjir. Kapal nelayan pun tidak dapat beroperasi karena ombak sedang tinggi. Bantuan yang telah tersedia di BPBD kabupaten/kota diberikan kepada korban banjir. "BPBD Provinsi Kepulauan Babel telah menyalurkan bantuan dalam bentuk makanan siap saji, paket sembako, dan dapur umum,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada kerusakan akses dan telah melakukan antisipasi meluasnya kawasan banjir. “Akibat dari bencana ini, tidak ada akses yang terputus, namun menimbulkan kemacetan di beberapa titik dan pihak kami juga sudah membangun tanggul buatan, supaya kawasan banjir tidak meluas,” ucapnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada. Sebab, besok diprediksi masih akan terjadi hujan dengan intensitas yang sama disertai air laut pasang. Berdasarkan laporan rekap sementara BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kejadian Bencana Banjir, Banjir Rob Dan Genangan Air Di Bangka Belitung Rabu 13 Januari 2021 Terinci sebagai berikut :

Kota Pangkalpinang

1. Pantai Pasir Padi Kel. Air Itam Kec.Bukit Intan Pangkalpinang (Banjir Rob)
2. Opas Indah RT 01, 02,dan 04, Kec. Taman Sari Kota Pangkalpinang ( Banjir Rob )
3. Rejosari RT 09 RW 03 Kec. Pangkal Balam Kota Pangkalpinang (Genangan Air)
4. Jembatan Selindung Kota Pangkalpinang (Banjir Rob)
5. Pasir Putih RT 006 RW 002 Kec. Bukit Intan Pangkalpinang sebanyak -+/70 rumah terendam dengan ketinggian air -+/15-30
6. Kelurahan Gedung Nasional Kampung Sebrang Kec. taman sari RT 007Rw 002 sebanyak -+/80 rumah terendam dengan ketinggian air -+/15-40 cm
7. Kampung Sumberjo Rt.08 RW.03, Kelurahan Rejosari Kec. Pangkal Balam Pangkalpinang. Sebanyak -+ 70 rumah terendam dengan ketinggian air -+/15-30 cm
8. Rt.08 Rw.02 ,Kampung Seberang, Kelurahan Gedung Nasional, Kecamatan Taman Sari. Sebanyak -+ 125 rumah terendam dengan ketinggian air -+/15-40 cm.

Kabupaten Bangka Tengah

1. Guntung Kec. Koba Kab. Bangka Tengah (banjir rob)
2. TPI Batu Belubang Kec. Pangkalan Baru Kab. Bangka Tengah (banjir rob)
3. Arung Dalam Kec. Koba Bangka Tengah (banjir rob)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)