Ratusan Pemuda Papua Demo MRP dan DPR Papua

loading...
Ratusan Pemuda Papua Demo MRP dan DPR Papua
Ratusan kelompok pemuda Papua yang tergabung dalam komponen rakyat Papua dan komponen Merah Putih pagi hingga siang tadi menggelar aksi damai di MRP dan DPRP, Rabu (13/01/2021). Foto SINDOnews
JAYAPURA - Ratusan kelompok pemuda Papua yang tergabung dalam komponen rakyat Papua dan komponen Merah Putih pagi hingga siang tadi menggelar aksi damai di Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Rabu (13/01/2021).

Aksi demo damai yang mendapat pengawalan ketat aparat ini dikakukan untuk menolak semua aktivitas organisasi terlarang yang merong-rong Kedaulatan Negara Republik Indonesia. Termasuk adanya ajakan aksi mogok sipil nasional oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang didukung organisasi berlainan idiologi. Baca juga: Revisi Otsus, DPR Papua Harus Menunggu Keputusan MRP

Ali Kabiyai selaku Ketua DPW Mandala Trikora di halaman kantor MRP di Kotaraja meminta pemerintah menindak tegas semua pejabat Papua yang terindikasi korupsi. "Pemerintah harus tegas, dana Otsus Papua itu besar mencapai Rp126,99 triliun dan ini dana yang sangat besar. Ada sekitar Rp 42 triliun yang diduga digelapkan oleh pejabat Papua, maka kami minta pemerintah harus tegas menghadapinya. Koruptor dana Otsus harus ditangkap," kata Ali.

Terkait seruan aksi mogok sipil nasional oleh organisasi Pro Papua Merdeka, Ali yang juga didampingi berbagai organisasi kepemudaan di Papua seperti Pemuda Panca Marga, Brigade 571, Barisan Merah Putih dan beberapa organisasi lain ini meminta masyarakat tidak terprovokasi isu menyesatkan tersebut."Untungnya apa bikin aksi mogok sipil nasional, tidak ada dampak positifnya. Generasi muda Papua harus cerdas, jangan mau diperalat oleh kelompok berbeda haluan idiologi dan merong-rong kedaulatan negara,"tegasnya.



Dirinya juga meminya tokoh agama di Papua tidak turut bermain isu Papua Merdeka. Fokuslah melayani umat bukan tambah memperburuk keadaan. "Selayaknya sebagai tokoh harus memberikan pelayanan yang terbaik, tidak usah bicara politik. Saya ingatkan stop untuk itu. Mari kita bergandengan tangan menjaga Papua dalam NKRI,"ucapnya. Baca juga:Tokoh Papua Dukung Keberlangsungan Dana Otonomi Khusus

Sementara Simion Ohee, Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Jayapura dalam kesempatan sama mengatakan, Otsus Papua harus tetap dilanjutkan terlepas dari berhasik tidaknya program pemeintah tersebut. "Otsus Papua lanjutkan saja, tapi perlu dievaluasi. Kalau ada kekurangannya itu karena oknum dan harus ditindak tegas," kata Simion.

Setelah melakukan orasi di MRP, ratusan masa aksi melanjutkan perjalanan ke gedung DPR Papua di Jayapura untuk melakukan aksi yang sama.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top