Cegah Penyebaran Corona, Polda Jateng Sterilisasi Wilayah dengan Drone Thermol

Jum'at, 17 April 2020 - 09:00 WIB
loading...
Cegah Penyebaran Corona, Polda Jateng Sterilisasi Wilayah dengan Drone Thermol
Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriya terus melakukan langkah-langkah dalam upaya memutus mata rantai pandemi covid-19 juga terkait program Keselamatan 2020. (Ist)
A A A
SEMARANG - Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriya terus melakukan langkah-langkah dalam upaya memutus mata rantai pandemi Corona atau Covid-19 juga terkait program Keselamatan 2020. Langkah kali ini dilakukan dengan drone thermol, sterilisasi, kanalisasi, serta penyemprotan disinfektan.

“Kegiatan kita hari ini yang jelas suatu konsep yang harus kita gelar dengan mengedepankan tindakan persuasif sesuai arahan petunjuk bapak Kapolda,” kata Dirlantas Polda Jateng di gerbang tol Kali Kangkung, Kamis (16/4/2020).

Selain itu, Dirlantas Polda Jateng juga berkolaborasi dengan tim NTMC Korlantas Polri melakukan pendeteksian suhu para pengendara yang memasuki kota Jateng. “Hari ini juga saya dengan tim NTMC Korlantas Polri. Satu langkah lebih maju menggunakan drone thermol. Drone thermol ini akan mengidentifikasi tidak perlu satu persatu. Satu terbang bisa teridentifikasi semua.” ujarnya.

Dirlantas menjelaskan penggunaan thermol drone ini dalam rangka mempercepat pelayanan ketika ada antrian panjang. “Ini sengaja kita aplikasikan disini supaya proses pendeteksian suhu dari orang yang mudik cepat, sehingga tidak mengganggu sirkulasi lalu lintas.” jelasnya.

Usai langkah tersebut, Dirlantas menerangkan tahap berikutnya ada teman-teman dari dinas kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan. “Yang disemprot jangan mobilnya tetapi didalam mobilnya. Selesai membayar, sopir dan kernek wajib turun untuk di tapping dengan alat barcode scanning kemudian dalam kendaraan disemprot. Ini regulasi yang harus kita lakukan dan sama-sama kita laksanakan untuk mensterilisasi,” terangnya.

Kegiatan ini terang Dirlantas, dilakukan secara masif dan tidak hanya di gerbang tol Kali Kangkung. Kegiatan sterilisasi pencegahan pandemi Covid-19 juga akan dilakukan di tiga exit Jakarta di Brebes atau Brexit, kemudian di Batang, Kendal, Pemalang. “Itu sudah kami instruksikan juga. Sementara untuk yang mengarah ke Solo-Semarang-Sragen dilakukan di GT Kali Kangkung” jelasnya.

“Saya Dirlantas atas nama Kapolda mengucapkan terimakasih atas kolaborasi ini dan kesemangatan teman-teman semuanya. Jujur saya katakan, memberantas Corona bukan hanya tugas Polisi, TNI, ataupun dishub, namun ini tugas semua komponen. Ini kerja yang harus kita lakukan bersama demi sterilnya dan sehatnya provinsi Jawa Tengah. Ayo sama-sama berkolaborasi dalam rangka menyikapi virus Covid-19, mudah-mudahan wabah ini cepat berakhir.” pungkasnya.

Turut hadir, lima unsur perangkat di Kotamadya Semarang antara lain Kadishub, Kasatlantas Polrestabes Semarang, Organda, Kodim, dan Dinas Kesehatan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0032 seconds (0.1#10.140)