Pupuk Langka, Massa Gabungan LSM dan Petani Datangi Petrokimia Gresik

Jum'at, 08 Januari 2021 - 07:48 WIB
loading...
Pupuk Langka, Massa Gabungan LSM dan Petani Datangi Petrokimia Gresik
Massa LSM dan petani Gresik mendemo Petrokimia Gresik menuntut ketwrsediaan pupuk. Foto/SINDOnews/Ashadi Ik
A A A
GRESIK - Massa gabungan LSM dan petani mendemo PT Petrokimia Gresik, menuntut ketersediaan pupuk subsidi agar tidak terjadi kelangkaan.

Aksi dilakukan di dua lokasi, yakni di Bunderan Perum GKB dan perlimaan Sukorame, Jalan A Yani, 400 meter menuju Graha Petrokimia.

Dalam aksinya, massa memakai atribut pakaian petani. Membawa spanduk besar bertuliskan Tolak Kenaikan Harga Pupuk, Bongkar Mafia Pupuk, Tangkap dan Adili Distributor Nakal.

Tidak hanya orasi bergantian. Massa juga menggelar aksi teatrikal. Isinya petani mengeluhkan pupuk langka. Padahal di Gresik adalah produsen lewat anak usaha PT Pupuk Indonesia.

“Hama petani bukanlah tikus maupun wereng, hama petani yang sebenarnya adalah mafia-mafia pupuk yang telah membuat petani resah. Karena tidak mendapatkan pupuk,” teriak Haris Shofwanul Faqih, Ketua Forkot dalam orasinya.

(Baca juga: Disuruh Jaga, Paman Ini Malah Tega Gauli Ponakannya hingga Hamil 7 Bulan)

Aktivis yang akrab dipanggil Bogel itu menanmbahkan, pihaknya menuntut ketersediaan pupuk di kios atau toko-toko pupuk. Sebab, hingga saat ini langka dan kosong sehingga petani di Kota Gresik kesulitan. “Kami menolak kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk subsidi yang ditetapkan pemerintah,” teriaknya.

(Baca juga: Peringati HUT ke-8, PT SIG Dihadapkan Persaingan Ketat di 2021)

Salah satu peserta aksi demo, Ali Candi mengharap, agar Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian berkenan turun blusukan ke Gresik agar tahu kelangkaan pupuk untuk para petani saat ini, akibat permainan oknum mafia pupuk.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3336 seconds (0.1#10.140)